728x90 AdSpace

19 December 2013

SEA Games 2013: Indonesia Kalahkan Malaysia Lewat Adu Penalti

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info SEA Games 2013: Indonesia Kalahkan Malaysia Lewat Adu Penalti-- Laga ulangan final SEA Games 2011 antara timnas Indonesia U-23 melawan Pasukan Upin dan Ipin terulang di laga Semifinal tahun ini. Rahmad Darmawan pun kembali beradu taktik dengan Ong Kim Swee. Kedua tim kembali bertemu setelah Malaysia menjuarai grup A dan Indonesia menjadi runner up grup B, sedang semifinal lainnya mempertemukan runner up grup A Singapura dan juara grup B Thailand.

Di pertandingan yang seru ini, Indonesia dan Malaysia bermain imbang 1-1 selama dua babak dan perpanjangan waktu. Pertandingan pun dilanjutkan dengan babak adu pinalti. Hasilnya, Indonesia sukses memaksa Malaysia pulang lebih awal ke negaranya setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 6-5 (1-1). Indonesia sempat unggul di menit ke-30 babak pertama lewat Bayu Gatra namun dibalas Malaysia di menit ke-85. Kemenangan di depan mata harus tertunda. Hingga akhir perpanjangan waktu 2 kali 15 menit, kedudukan tidak berubah. Di babak adu penalti, Indonesia unggul 5-4 lewat tendangan penentuan oleh Ferinando Pahabol.

Adu penalti
Kemenangan lewat adu penalti tak lepas dari kegemilangan kiper Indonesia, Kurnia Meiga. Ia sukses menebus kegagalannya di final SEA Games 2011 lalu (saat adu penati pula dengan Malaysia) dengan menggagalkan dua tendangan penalti pemain Malaysia, Thamil Arasu Ambumamee dan Shahrul Mohd Saad.
Sementara, tiga penendang Malaysia lainnya, yaitu Muhamad Nazmi Faiz, Mohamad Fadhli Mohd Shas, dan Mohd Rozaimi mampu mengeksekusi bola dengan baik.
Indonesia sendiri, 2 eksekutor pertama, yaitu Alfin Ismail Tuasalamony dan Diego Michiels berhasil mencetak gol ke gawang Mohd Izham Tarmizi Roslan. Indonesia memang sempat gagal saat bola tendangan Manahati Lestusen masih melambung di atas gawang.
Yandi Sofyan selaku penendang keempat menyelesaikan tugas dengan baik. Saat kedudukan 4-4, penendang terakhir, Ferinando Pahabol berhasil dengan tenang menceploskan bola ke gawang Malaysia.

"Soal penalti, kemarin kami hanya satu sesi penalti. Kami punya pengalaman penalti di ISG dan ini sangat berguna. Berbeda dengan di SEA Games lalu, saat itu beberapa pemain menolak disuruh ambil penalti. Hari ini semuanya justru antusias," kata pelatih Indonesia, Rahmad Darmawan.

Galeri Foto




Rekor kedua tim
Hsil ini tentu mengubah rekor menjadi keunggulan bagi Garuda Muda setelah rekor sebelumnya, kedua tim berimbang. Ditilik dari sejarah pertemuan Indonesia dan Malaysia di SEA Games, keduanya telah bersua sebanyak 14 kali dan uniknya kedudukan masih imbang, yaitu Indonesia dan Malaysia sama-sama menang enam kali, sementara dua laga sisanya berakhir imbang. Dalam jumlah gol, Indonesia masih bisa berbesar hati karena unggul dengan mencetak 20 gol dan hanya kemasukan sepuluh.

Indonesia dan Malaysia dua kali bertemu di final SEA Games (keduanya di Jakarta) dengan rekor saling mengalahkan. Indonesia menang 1-0 lewat perpanjangan waktu di final 1987, Malaysia menang adu penalti 4-3 (skor waktu normal 1-1) di final 2011.
Meski bertemu dua kali di final, pertandingan ini adalah yang pertama kalinya bagi kedua tim bertemu di babak empat besar (semifinal). Indonesia sukses membalas dendam adu penalti di final SEA Games 2011 lalu.
Indonesia akan bermain di final pada hari Sabtu, 21 Desember 2013 melawan pemenang semifinal kedua antara Singapura atau Thailand yang dilaksanakan setelah pertandingan antara Malaysia dengan Indonesia ini.

Susunan Pemain Indonesia:
Kurnia Meiga, Manahati Lestusen, Syaifuddin, Diego Michiels, Alfin Tuasalamony, Egi Melgiansyah (Nelson Alom 46), Rizky Pellu (Andik Vermansah 77/Feri Pahabol 102), Ramdani Lestaluhu, Bayu Gatra, Fandi Eko Utomo, Yandi Sofyan

tribunnews.com
detik.com
.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: SEA Games 2013: Indonesia Kalahkan Malaysia Lewat Adu Penalti Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi