728x90 AdSpace

14 December 2013

Mengidentifikasi Rujukan Kata (Kata Rujukan)

Mengidentifikasi Rujukan Kata
Mengidentifikasi Rujukan Kata (Kata Rujukan)--
Tahun pelajaran baru 2013/2014 nanti, Kurikulum 2013 diberlakukan serentak. Saya bagikan sedikit pemahaman saya untuk rekan guru maupun siswa bagaimana menentukan rujukan kata dalam sebuah teks.
Rujukan kata adalah suatu kata yang merujuk pada kata lain yang disebutkan sebelumnya. Biasanya berupa kata: ini, itu, tersebut, di sini, di sana, dsb.
Perhatikan kata bercetak tebal dan bernomor pada kutipan teks laporan hasil observasi berikut:

Taman Bunga Nusantara pertama kali diresmikan pada 10 September 1995 oleh mantan Presiden Soeharto. Prasasti peresmian taman bunga (1)ini terbuat dari batu vulkanik yang disimpan di depan pintu gerbang. Taman (2)ini memiliki luas 35 hektare. Lahan seluas (3)itu kemudian dibagi menjadi beberapa fungsi, yaitu 23 hektare digunakan untuk taman bunga, 7 hektare sebagai taman bermain anak-anak, 2 hektare untuk taman pembibitan, dan 3 hektare untuk fasilitas restoran. Di taman bunga (4)tersebut ada tempat khusus untuk piknik. Di tempat piknik (5)ini kita dapat menggelar tikar untuk makan bersama dan mengadakan berbagai acara, seperti perlombaan dan permainan. Hal (6)ini sengaja dibuat agar pengunjung tidak mengganggu area taman bunga.
(Dari Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII Semester Ganjil, Ari Wahyuningsih, S.Pd.
Rujukan kata:
-Kata ini pada nomor 1 merujuk pada "Taman Bunga Nusantara"
-Kata ini pada nomor 2 merujuk pada "Taman Bunga Nusantara"
-Kata itu pada nomor 3 merujuk pada "35 hektare"
-Kata tersebut pada nomor 4 merujuk pada "Taman Bunga Nusantara"
-Kata ini pada nomor 5 merujuk pada "tempat khusus piknik"
-Kata ini pada nomor 6 merujuk pada "tempat piknik"
.
Tags: #contoh kata rujukan #contoh kalimat rujukan #contoh kata rujukan dan kalimatnya #contoh kata rujukan dan kata yang dirujuk #contoh kata rujukan dan yang dirujuk #contoh kata rujukan dan kata yg dirujuk #contoh kata rujukan dalam kalimat #5 contoh kata rujukan
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Mengidentifikasi Rujukan Kata (Kata Rujukan) Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi