728x90 AdSpace

19 December 2013

Indonesia vs Malaysia Masih Imbang

Indonesia vs Malaysia Masih Imbang
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Indonesia vs Malaysia Masih Imbang-- Laga ulangan final SEA Games 2011 antara timnas Indonesia U-23 melawan Malaysia bakal terulang di laga Semifinal tahun ini. Rahmad Darmawan pun bakal kembali beradu taktik dengan Ong Kim Swee. Kedua tim kembali bertemu setelah Malaysia menjuarai grup A dan Indonesia menjadi runner up grup B, sedang semifinal lainnya mempertemukan runner up grup A Singapura dan juara grup B Thailand.

Perjumpaan pertama tim 'Merah Putih' dengan Malaysia terjadi di SEA Games Malaysia tahun 1977. Saat itu Indonesia berhasil memetik kemenangan 2-1 di babak penyisihan grup berkat gol dari Iswadi Idris dan Hadi Ismanto.

Usai laga pertama itu, Indonesia lantas kembali berduel sebanyak 13 kali dalam ajang pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara itu. Ditilik dari sejarah pertemuan Indonesia dan Malaysia di SEA Games, keduanya telah bersua sebanyak 14 kali dan uniknya kedudukan saat ini masih imbang, yaitu Indonesia dan Malaysia sama-sama menang enam kali, sementara dua laga sisanya berakhir imbang. Dalam jumlah gol, Indonesia masih bisa berbesar hati karena unggul dengan mencetak 20 gol dan hanya kemasukan sepuluh.

Meski sempat kalah di tahun 1979, 1985 dan 1989, di tahun-tahun berikutnya Indonesia mulai mendominasi saat bertemu dengan Malaysia. Bahkan timnas Merah Putih berhasil menghajar Malaysia dengan skor telak 4-0 SEA Games 1997 dan kemudian menang 6-0 ketika bertemu lagi dua tahun berikutnya di SEA Games Brunei Darussalam. Tapi dalam empat laga usai kemenangan besar itu, Indonesia tak pernah menang lagi melawan Malaysia. Indonesia kalah empat kali beruntun dari Malaysia, termasuk saat tunduk di babak adu penalti di final SEA Games 2011.

Indonesia dan Malaysia dua kali bertemu di final SEA Games (keduanya di Jakarta) dengan rekor saling mengalahkan. Indonesia menang 1-0 lewat perpanjangan waktu di final 1987, Malaysia menang adu penalti 4-3 (skor waktu normal 1-1) di final 2011.
Meski bertemu dua kali di final, pertandingan nanti adalah pertama kalinya kedua tim bertemu di babak empat besar (semifinal).

tribunnews.com
detik.com
.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Indonesia vs Malaysia Masih Imbang Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi