Home » , » CONTOH SOAL SMA | Menentukan Gagasan Utama (Ide Pokok)

CONTOH SOAL SMA | Menentukan Gagasan Utama (Ide Pokok)

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 05 November 2013

Artikel Terbaru:
CONTOH SOAL SMA | Menentukan Gagasan Utama (Ide Pokok)--
Alat ini bekerja melalui tiga tahap proses radiasi (pemindahan panas matahari melalui kaca bening), konveksi (pengaliran panas melalui rongga udara dari sela-sela kaca bening dan seng bergelombang), dan
konduksi (penghantaran panas dari seng bergelombang ke kotak pengeringan yang terbuat dari seng). Dengan suhu yang dihasilkan sekitar 51 derajat Celcius, pengering ini selain berguna untuk mengeringkan pakaian, cocok untuk mengeringkan empon-empon, tanaman untuk jamu.
Paragraf di atas merupakan penggalan karangan yang bertema ... .
A. alat pengering tenaga surya
B. alat pengering empon-empon
C. tahap pengeringan empon-empon
D. proses pembuatan jamu tradisional
E. cara mengeringkan pakaian dan emponempon
(Jawab: A)

Makanan berlemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan pengerasan, penyempitan, atau bahkan penyumbatan itu terjadi pada pembuluh darah jantung (arterhcoroniria), maka dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner. Dan, jika terjadi pada pembuluh darah otak, hal itu menimbulkan stroke.
Gagasan utama bacaan di atas adalah ... .
A. makanan yang berlemak jenuh
B. kadar kolesterol dalam darah
C, akibat dari kadar kolesterol yang tinggi dalam darah .
D. komplikasi yang terjadi dari tingginya kolesterol dalam darah
E. penyebab terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke
(Jawab: D)

Bacalah teks berikut dengan saksama.
Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan perilaku sehat, tentu akan menjaga lingkungannya tetap sehat juga. Selain itu, dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara kesehatannya.
Ide pokok paragraf tersebut adalah...
A. memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada
B. menjaga lingkungannya agar tetap sehat
C. perilaku sehat akan berpengaruh pada pilar-pilar lainnya
D. berperilaku sehat akan menjaga kebersihan
E. perilaku sehat merupakan pilar utama

Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Dampak merebaknya penyebaran virus sindrom pernafasan akut parah (Severe Acute Respiratory Sindrome/SARS) dari negeri Jiran, Singapura, mulai mengancam bisnis perhotelan di Batam. Jumlah tamu, baik dari luar negeri maupun dalam negeri merosot hingga tingkat hunian hotel di Batam berkurang hingga sepuluh persen. Demikian kata Public Relation Manager Goodway Hotel Puri Garden, Budi Purnomo, dan pengusaha Novotel Hotel, Anas, ketika dihubungi Kompas di Batam.
Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. dampak penyebaran virus SARS terhadap bisnis perhotelan
B. penyebaran virus SARS dari negeri Jiran (Singapura).
C. virus SARS mengancam bisnis perhotelan di Singapura.
D. dampak virus SARS terhadap penghuni hotel di BATAM
E. dampak penyebaran virus SARS dirasakan oleh para pengusaha.

Dari uji praklinik maupun klinik dapat disimpulkan bahwa pare sangat berpeluang dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes. Penelitian pare sebagai antidiabetes diawali dengan pembuktian secara alamiah mengenai kemampuannya menurunkan kadar glukosa darah pada hewan uji dalam kondisi normal maupun diabetes. Dilaporkan, ekstrak air buah pare menunjukkan efek hipoglikemik (menurunkan kadar glukosa darah) pada orang normal maupun diabetes yang diinduksi streptozotosin.
Gagasan yang terkandung dalam penggalan wacana tersebut ialah ... .
A, Hasil uji praklinik tentang pare.
B. Pare sangat berpeluang dijadikan sumber fitofarmaka antidiabetes.
C. Penelitian pare sebagai antidiabetes diawali dengan pembuktian.
D. Pare menurunkan kadar glukosa darah pada hewan uji.
E. Ekstrak air buah pare menurunkan kadar glukosa/darah pada orang normal.
(Jawab: A)

Pada hakikatnya pekerja adalah aset perusahaan yang perlu mendapat perlindungan mengenai keselamatan dan kesehatan kerjanya. Pada masa lalu program keselamatan kerja bersifat mangatasi kecelakaan yang sudah terjadi, tetapi sekarang lebih bersifat preventif yakni memperkirakan apa yang akan terjadi. Bila
akibat kerja dapat dihindarkan perlu dilakukan upaya kuratif dan rehabilitatif. Pekerja yang mengalami cacat kerja akan dievaluasi serta ditetapkan tingkat kecelakaannya sebelum menerima Jamsostek.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ... .
A. Pekerja adalah aset perusahaan yang perlu perlindungan.
B. Keselamatan dan kesehatan pekerja perlu dijaga.
C. Program keselamatan kerja dulu bersifat mengatasi kecelakaan.
D. Program keselamatan kerja sekarang bersifat produktif.
E. Pekerja yang mengalami kecelakaan kerja menerima Jamsostek
(Jawab: A)


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara
Blog ini dijual (This web for sale)
Estimated worth
• Rp 50.807.728 •