Widget HTML Atas

SOAL | Menemukan Hal yang Menarik dari Dongeng

Simaklah kutipan dongeng berikut!
Si Kancil berjalan berjingkat-jingkat di kebun Pak Tani. Kancil hendak mencuri mentimun. Di tengah kebun ada boneka orang-orangan, si Kancil tidak takut malah menendang boneka itu. Ternyata boneka orang-orangan itu telah diberi getah nangka sehingga kaki si Kancil menempel pada boneka itu dam sulit dilepaskan. Kemudian Pak Tani datang menangkap Kancil.
Hal menarik yang terdapat dalam kutipan dongeng di atas adalah......
a. Si Kancil yang nakal dan terperangkap
b. Si Kancil yang suka mencuri dan terperangkap
c. Si Kancil yang sombong dan terperangkap
d. Si Kancil yang malas dan terperangkap

Dongeng Ikan Lebai Suka Kenduri
Menurut sahibul hikayat diriwayatkan pula, konon abuk-debu yang beterbangan selama ini menuju laut menjadi sejenis ikan. Banyak sekali ikan itu hidup memenuhi karang, para nelayan menyebutnya “Ikan Lebai” karena mengambil nama Wak Lebai yang membangun kampung berabuk-debu asal ikan itu.
Bibir ikan itu tebal berkelebai, suka memungut-mungut lumut, menyapu-nyapu debu-pasir, sehingga mengeluarkan berbagai jenis cacing. Remis, keranglokan kecil-kecil makan ikan segala ikan.
“Ayo, kita berpesta-pora,” ajak ikan Lebai. Konon zaman itu ikan-ikan serta hewan lainnya berkata-kata juga seperti manusia.
“Horee…, “ikan-ikan pun berkumpul. Pendek kata, di mana ada ikan Lebai makan, di situ pula kawan ikan besar-kecil berkumpul. Mereka menyantap makanan yang dihidangkan ikan Lebai. “Pesta-ria…pesta-ria…,” ikan-ikan itu bersuka hati.
Menurut yang empunya cerita pula, para nelayan pemancing ikan memanfaatkan kebijakan ikan Lebai itu. Mereka melabuhkan tali pancing dan mengail, serta memilih karang yang diketahuinya ada ikan Lebai di situ. Pasti ikan-ikan lain berkerumun mencari makanan.
Sumber: Cerita Rakyat dari Bintam, BM.Syamsudin.

Hal menarik yang terdapat dalam kutipan dongeng di atas adalah......
a. Konon abuk-debu yang beterbangan selama ini menuju laut menjadi sejenis ikan
b. Para nelayan menyebutnya “Ikan Lebai” karena mengambil nama Wak Lebai
c. Di mana ada ikan Lebai makan, di situ pula kawan ikan besar-kecil berkumpul
d. Para nelayan pemancing ikan memanfaatkan kebijakan ikan Lebai itu

JAWABAN: B, A
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!