728x90 AdSpace

27 October 2013

Siapakah Sosok Bernama Bunda Putri Itu?

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info Siapakah Sosok Bernama Bunda Putri Itu?--
Sosok bernama Bunda Putri menjadi perhatian utama publik di Tanah Air, dalam beberapa pekan terakhir. Adalah mantan presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq yang mengaku pernah bertemu dengan sosok Bunda Putri. Malah ia mengaitkan sosok Bunda Putri itu dengan presiden.

Berikut kata mereka tentang sosok Bunda Putri:

Luthfi Hasan Ishaaq: "Setahu saya sangat dekat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Luthfi mengaku mengenal Bunda Putri dari Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin. Saat itu, Luthfi masih menjabat sebagai presiden partai.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono: “Saya tidak tahu. Saya tidak kenal. Tidak ada kaitannya dengan saya. Ia menjelaskan, kalau ada orang yang ingin berhubungan dengannya baik bertemu, mengirimkan surat, ataupun menelpon, pasti melewati perangkat kepresidenan seperti Menteri Sekretaris Negara, Sekretaris Kabinet, hingga Sekretaris Pribadi. Artinya, ujar SBY, ada sistem yang harus dilewati sebelum bisa bersentuhan langsung dengan presiden. “Kalau berhubungan dengan saya atau ingin bertemu saya atau menelepon saya, pasti melewati sistem. Sudah saya cek semua, tidak ada satu pun yang tahu,’ katanya.
“100 persen tidak ada. Oleh karena itu, saya cari tahu siapa sebenarnya bunda putri. Saya mencari sumber-sumber dari lembaga yang sah yang bisa memberikan keterangan kepada saya. Tidak ada yang kenal dengan yang disebut bunda putri,” katanya.

Bunda Putri disebut-sebut sebagai istri salah seorang pejabat di Kementerian Pertanian. Menteri Pertanian Suswono mengaku mengenal sosok Bunda Putri. Ia bahkan pernah menyambangi kediaman Bunda Putri di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Menteri Pertanian Suswono: "Kalau (Bunda Putri) itu yang dimaksud, pernah bertemu (sebelumnya) di Kalimantan," kata Suswono, saat memberikan keterangan sebagai saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (3/10). Ia mengatakan mengenal Bunda Putri sebagai pelaku usaha.
Suswono mengenal Bunda Putri berasal dari Desa Cilimus, Kabupaten Kuningan. Namun, ia mengaku tidak begitu mengenal lebih rinci mengenai sosok Bunda Putri. "Kemudian saya tidak terlalu banyak berinteraksi," ujar menteri yang berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu. Meski demikian, Suswono mengakui pernah menyambangi rumah Bunda Putri. Ia mengungkapkan, pernah mencoba mengklarifikasi informasi yang dia terima dari salah satu pejabat di Kementerian Pertanian (Kementan).

Penelusuran reporter Liputan6
Bunda Putri bernama asli Siti Nurlela. Wanita yang karib disapa Non Saputri itu lahir di Jambi pada 27 April 1962 silam. Tim Liputan 6 SCTV berhasil menemukan 2 KTP milik Bunda Putri yakni di Kabupaten Kuningan dan Depok, Jawa Barat. Keduanya menggunakan nama yang berbeda, Enon Nurlela dan Non Saputri.

Dia adalah anak perempuan dari ibu bernama Asariah dan ayahnya yang keturunan Kalimantan, Nasaruddin. Saat masih kecil, ibunda Non bercerai dan menikah kembali dengan orang asli Cilimus, Kuningan. Semasa remaja, Non dikenal berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Bahkan ibunda Non sempat menjadi TKI di Arab Saudi selama kurang lebih 8 tahun.

Pada usia yang mulai remaja, Non bersekolah di SMP yang tak jauh dari rumahnya. Dia dikenal sebagai anak yang aktif dan pintar dalam berteman. Tamat SMP pada 1978 Non kemudian melanjutkan pendidikan di SMA Cilimus. Namun tak sempat menyelesaikan sekolahnya. Bahkan beberapa nilai rapornya mendapat angka merah.
"Itu karena faktor ekonomi, saya tahu sendiri. Kasihan dulu nasib dia, kalau mau makan harus cuci piring dulu di sebelah tempat tukang gado-gado. Makanya dia dulu termasuk orang tidak berpunya" kata salah satu tetangga Bunda Putri kepada Liputan 6 Malam SCTV, Sabtu (26/10/2013).

Adanya kesulitan demi kesulitan yang kerap dirasa, membuat Non lantas berguru di suatu tempat yang disebut-sebut dapat mendatangkan ketenangan jiwa. Selain berguru ilmu kebatinan, Non juga kerap meminta bantuan kepada Mayor Jendral Ahmadi--seorang tokoh yang dulu bersama mantan Presiden Soeharto mendirikan Partai Golkar. Posisi sang ayah yang bekerja di rumah Ahmadi berhasil dimanfaatkannya. Non memaksa sang jendral mengakuinya sebagai anak. Sehingga banyak proyek yang berhasil dengan menjual nama sang jendral.
"Memang bukan siapa-siapanya (Ahmadi), bukan saudara juga apalagi anak. Kebetulan dia ada fotonya Bapak Ahmadi ketika kampanya Golkar dulu di rumahnya Non, itu yang dipakainya," tutur sumber lain yang mengaku dekat dengan Bunda Putri.

Keberadaan Bunda Putri kini masih buram. Rumah mewahnya di kawasan elit Pondok Indah, Jaksel, telah lama kosong. Sementara masyarakat terus bertanya-tanya, seberapa kuat hubungan Bunda Putri dengan para pejabat negeri ini.

Sumber: Republika dan liputan6
http://www.republika.co.id/berita/nasional/politik/13/10/13/mukx2x-inikah-foto-sosok-bunda-putri-yang-menghebohkan-itu
http://news.liputan6.com/read/730183/video-bunda-putri-hidup-susah-saat-remaja-dan-belajar-kebatinan
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Siapakah Sosok Bernama Bunda Putri Itu? Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi