Widget HTML Atas

Menulis Pesan Singkat (Memo)

Menulis Pesan Singkat (Memo)--
Dalam keseharian kita, ada kalanya kita
tidak dapat menyampaikan pesan secara langsung kepada orang yang kita kehendaki. Apabila hal ini terjadi kita dapat menulis pesan singkat agar pesan atau informasi yang akan kita sampaikan dapat diterima oleh orang yang kita kehendaki. Di abad digital seperti sekarang, kamu tentu biasa menyampaikan pesan melalui SMS bukan?

Pesan singkat merupakan salah satu bentuk komunikasi yang biasa dilakukan seseorang kepada orang lain, baik di lingkungan suatu organisasi, kantor, atau di lingkungan tempat tinggal kita. Pesan singkat dapat disusun dan disampaikan secara lisan maupun tertulis. Karena berupa pesan singkat, kalimat yang digunakan harus efektif dan santun. Salah satu contoh pesan singkat yang digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan kedinasan yang sifatnya resmi dan dalam keadaan mendesak adalah memo.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis memo antara lain, dari siapa memo berasal, kepada siapa memo ditujukan, apa isinya, tempat dan tanggal pembuatan memo, jabatan, tanda tangan, dan nama pembuat memo.

Perhatikan contoh memo:

a. Memo resmi/ dinas

Kepada : Kepala Tata Usaha
Dari : Kepala Sekolah
Hal : Surat undangan
Mohon buat secepatnya surat undangan untuk rapat persiapan ulangan umum. Rapat dilaksanakan, tanggal 25 Oktober 2013.

20 Oktober 2013
Raihan Nahdi, M.Pd.

b. Memo pribadi

Untuk: Mayda
Tolong kembalikan buku catatan bahasa lndonesia yang kamu pinjam karena besok ada ulangan. Aku tunggu di rumah ya.
Dari: Memey
.
Jika berkenan mohon bantu subscribe channel admin, makasiiiihh!!