728x90 AdSpace

16 October 2013

Menuju Pentas Piala Dunia Bersama Skuat Timnas U-19 Saat Ini

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang Menuju Pentas Piala Dunia Bersama Skuat Timnas U-19 Saat Ini-- Setelah terakhir kali pasukan "Merah Putih" mengikuti Piala Asia pada tahun 2004, Timnas U-19 Indonesia menunjukkan penampilan luar biasa menghadapi tim kuat Korea Selatan. Mereka berhasil menang 3-2 dan lolos ke putaran final Piala Asia U-19 tahun 2014.

Ini menjadi sukses besar kedua tim asuhan pelatih Indra Sjafri setelah tiga pekan lalu menjuarai Piala AFF U-19. Di kualifikasi Grup G ini Indonesia pun finis sebagai pemuncak klasemen dan otomatis lolos ke putaran final Piala Asia U-19 tahun depan di Myanmar.
Ini menjadi kali ke-16 Indonesia akan tampil di turnamen U-19 tersebut, dari 38 edisi.

Dua laga pertama mereka lalui dengan menghantam Laos dan menundukkan Filipina. Selanjutnya, Sabtu (12/10/2013) adalah giliran menghadapi Korea, juara 12 kali Piala Asia U-19 --juara terbanyak. Si penguasa baru AFF menghadapi raja Piala Asia U-19.
Dan begitulah, Evan Dimas dkk. menunjukkan performa apik. Evan sendiri mencetak hat-trick, tiga kali dia mencetak gol dengan menyelesaikan pergerakan apik dari rekan-rekannya; Maldini Pali, Ilham Udin Armaiyn, dan Mukhlis Hadi. Indonesia menang 3-2.
skuat timnas u-19
Sebenarnya, sukses ini bukan yang pertama bagi sang pelatih, sebagaimana dikutip dari Tribunnews, Indra Sjafri menangani timnas usia dini sejak tahun 2012. Selama dua tahun melatih beberapa gelar pernah diraih ayah dua orang anak itu, yakni gelar juara HKFA U-17 2012, HKFA U-18 2013 dan AFF U-19 2013 serta meloloskan Timnas U-19 ke Kejuaraan AFC U-19.

Saat berlaga di Myanmar tahun depan, pelatih timnas U-19 sudah memiliki target. Dia ingin mengantarkan Indonesia lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 yang akan dihelat di Selandia Baru tahun 2015 mendatang. Untuk mencapai target itu, timnas U-19 setidaknya harus finis di posisi empat besar saat berlaga di Piala Asia U-19 tahun depan. Untuk membahas persiapan yang diperlukan, Indra Sjari pun bakal segera melakukan pembicaraan dengan PSSI.
skuat timnas u-19
"Mengenai program U-19, kami akan periodisasi persiapannya. Nanti minggu depan saya akan rapat dengan PSSI. Untuk sekarang anak-anak kami liburkan dua minggu," ujar Indra saat ditemui para wartawan di bandara Adi Sutjipto, Selasa (15/10/2013) malam WIB.
"Kami sudah berkomitmen dengan Pak La Nyalla (Matalitti), tim ini akan tetap utuh. Kami akan persiapkan tim ini untuk bisa lolos ke Piala Dunia (U-20) 2015," lanjutnya.

Lebih lanjut lagi, soal himbauan Menpora Roy Suryo yang menyatakan para penggawa timnas U-19 agar dijauhkan dari iklan dan kunjungan ke tokoh politik, Indra menyatakan sudah ada kesepakatan.
"Ya, sudah ada kesepakatan kami dengan PSSI, kesepakatan dengan pemain dan pemain legowo untuk itu," imbuh Indra.

Terkait kepulangannya ke Yogyakarta, pelatih asal Sumatera Barat ini juga ditanyai kemungkinan menggelar latihan di kota tersebut.
"Pasti, itu pasti. Mungkin general preparation kami nanti di Yogya, ujarnya singkat.
skuat timnas u-19
detik.com
tribunnews.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Menuju Pentas Piala Dunia Bersama Skuat Timnas U-19 Saat Ini Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi