728x90 AdSpace

07 October 2013

Contoh Soal UTS Kelas VII (Kurikulum KTSP)

Contoh Soal UTS Kelas VII (Kurikulum KTSP)--
Inilah soal UTS untuk kelas VII yang diujikan pagi tadi, sesuai dengan kisi-kisi yang telah diberitahukan sebelumnya.
1. Simak kutipan berita berikut!
Jakarta—Ribuan guru bantu di Solo, Jawa Tengah, menggelar doa bersama, pada hari Rabu (3/8). Doa bersama diadakan di halaman SMK Negeri 7 Solo. Acara itu dihadiri para pejabat pemerintah dan anggota DPRD setempat.
Mereka berdoa dengan harapan agar dapat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil pada tahun depan. Doa diadakan setelah berbagai upaya dilakukan termasuk unjuk rasa, seminar, dan menemui anggota DPR di Senayan.
Tentukan unsur-unsur berita:
a. Kalimat kedua paragraf pertama
b. Kalimat pertama paragraf kedua

2. Melihat masih memprihatinkannya masalah limbah industry. Anto Tri Sugiarto berkeinginan membuat pengolah limbah dengan menggunakan teknologi yang dikuasainya. Anto lalu membuat produk atau instrumen Oxyde Mobile yang merupakan inovasi terbaru pengolah limbah cair dalam bentuk unit bergerak. Dengan teknologi tersebut, pengolah limbah lebih cepat, tidak membutuhkan lahan yang luas serta hasil akhir pengolah limbah dapat didaur ulang.
Buatlah pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam paragraf tersebut!
a. Apa
b. Mengapa

3. Tentukan pokok berita pada kutipan berikut:
a. Banjir kembali melanda Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sabtu (21/7). Ini merupakan yang ketiga kalinya dalam dua bulan terakhir. Banjir akibat hujan yang berlangsung dalam tiga hari ini merendam 300-an rumah di Desa Jiplatan dan Asam-Asam.
b. Musim banjir belum lagi mencapai puncaknya yang diperkirakan berlangsung Januari 2009 mendatang. Akan tetapi, di beberapa tempat di Bandung, ratusan rumah telah terendam banjir.

4. Tentukan pokok pengumuman berikut:
a. Dalam rangka ikut meringankan beban para korban bencana alam di Desa Bukit Tinggi, kami mengajak teman-teman untuk memberikan sumbangan bagi saudara kita yang terkena musibah.
b. Diberitahukan pada seluruh pengurus OSIS, rapat persiapan pelaksanaan lomba pada hari Sabtu, 29 September 2013 di Ruang Kaur Kesiswaan.

5. Simak paragraf berikut!
Pengelola restoran Tanjung Puri, Suriansyah, mengatakan, sepinya pengunjung ke obyek wisata itu disebabkan lokasinya yang cukup jauh dari kota Tanjung. Akibatnya warga Tanjung malas ke sana kalau hanya sekadar makan atau jalan-jalan. Di satu sisi memang daya tarik yang ditawarkan juga hanya pemandangan hutan dan danau, tidak ada fasilitas lainnya.
BPost, 12 September 2004
Jawablah:
a. Mengapa obyek wisata Tanjung Puri sepi pengunjng?
b. Siapa yang mengungkapkan hal itu?

6. Simak teks berikut:
Siapa pun tidak ingin mempunyai musuh. Lebih asyik mempunyai banyak teman. Akan tetapi, bukan berarti musuh tidak berguna. Kita juga perlu musuh.
Seharusnya, musuh hanya dianggap sebagai lawan. Sama seperti tim basket sekolah lain yang jadi lawan kita memperebutkan piala juara. Tipe musuh seperti ini, seharusnya dibatasi oleh waktu dan aturan tertentu. Selesai bertanding, permusuhan sudah selesai. Memang ada rasa kecewa, tetapi kita rela berjabatan tangan.
Bahasa Indonesia 1 hlm.57
Tentukan gagasan utama paragraf tersebut!
a. Gagasan utama paragraf pertama
b. Gagasan utama paragraf kedua

7. Jenis penyakit pasien itu dapat diketahui setelah membaca hasil diagnosis laboratorium kesehatan.
Tuliskan arti kata bercetak miring pada kalimat tersebut!
a. pasien
b. diagnosis

8. 1) Aksi 2) pemberantasan 3) korupsi termasuk juga belum adanya 4) upaya perbaikan 5) sistem, dan adanya kesadaran Indonesia dalam 6) kondisi 7) darurat korupsi perlu mendapat dukungan masyarakat.
Susunlah kata bernomor tersebut secara alpabetis sebagaimana kamus kecil!

9. Saat membacakan teks UUD 1945, selain suara yang lantang, kamu juga harus memerhatikan jeda dan intonasi yang tepat.
Jelaskan pengertian istilah:
a. Jeda
b. Intonasi

10. Tulislah sebuah pengalaman pribadi kamu!
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Contoh Soal UTS Kelas VII (Kurikulum KTSP) Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi