UN SD 2013 : Soal UN SD Mayoritas Dibuat dari Daerah

Artikel Terbaru:
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang kutipan berita pendidikan: UN SD 2013 : Soal UN SD Mayoritas Dibuat dari Daerah--
Harianjogja.com-- Pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UN ) SD tetap dilaksanakan serempak secara nasional pada 6-8 Mei 2013. Hanya komposisi pembuatan soal lebih ditekankan pada kondisi daerah.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpor) DIY, Baskara Aji menjelaskan berbeda dengan UN tingkat SMP dan SMA sederajat, kewenangan untuk UN SD dan sederajat lebih menitikberatkan pada kondisi daerah.

Sesuai Prosedur Operasi Standar (POS) UN 2013, kewenangan pembuatan soal mayoritas diberikan pada daerah dengan komposisi 75% dari daerah dan 25% dari pusat.

“Dengan komposisi 75 persen dari daerah, kita akan tahu peta kemampUN siswa secara nasional sekaligus bisa dipakai sebagai evaluasi kinerja di daerah,” terang dia saat ditemui di kantor Disdikpora DIY Jumat (3/5).

Menurutnya komposisi yang lebih menekankan pada kondisi daerah merupakan parameter yang tepat. Sebab bagaimanapun juga pengukuran kompetensi nasional tetap diperlukan.

Hasil ujian tersebut juga dapat mengetahui daya serap siswa, standarisasi pelayanan minimal dll. Disatu sisi, setiap daerah memiliki kondisi yang berbeda sehingga diperlukan penyesuaian.

Penentan kelulusan sendiri juga ditentukan oleh guru atau sekolah, bukan mengacu pada nilai UN semata. Pasalnya pihak yang dianggap mengetahui kemampuan siswa ialah guru maupun sekolah.

Aji menilai kebijakan ini dapat diterapkan pada jenjang pendidikan SMP dan SMA sederajat. Hanya ia tidak mengetahui apakah komposisi serupa dapat diterapkan pada UN mendatang.

Soal UN SD sederajat di DIY disusun oleh guru, pengawas dan unsur PT. Proses distribusi akan dimulai pada hari ini (4/5) dari tingkat provinsi ke kelompok kerja (pokja) masing-masing kabupaten kota. Sementara pengawasan akan dilakukan oleh pokja dan kepolisian setempat.

Perbedaan lain pada pelaksanaan UN SD dibandingkan UN jenjang pendidikan lain terletak pada jumlah paket soal. Dalam satu kelas hanya tersedia dua paket soal, satu paket soal untuk peserta UN, sedang satu paket soal untuk UN susulan.

“Jadi dalam satu kelas akan ada soal yang sama dan tidak ada barcode,” terang Aji.
Kendati demikian, ia menjamin ketersediaan soal khusus baik bagi siswa tuna netra yang membutuhkan soal dan Lembar Jawab Ujian Nasional (LJUN) braille maupun siswa low vision yang membutuhkan soal dan LJUN dengan ukuran huruf yang lebih besar.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara