Jangan Pilih Jurusan karena Ikut-ikutan Teman

Artikel Terbaru:
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang kutipan berita pendidikan: Jangan Pilih Jurusan karena Ikut-ikutan Teman--
KOMPAS.com — Masih galau dengan jurusan yang harus dipilih untuk kuliah? Cobalah tenang dan ambil waktu untuk duduk berpikir dan tentu saja berdiskusi dengan orangtua, guru, senior, dan teman-teman.
Namun, jangan sampai karena kebanyakan berdiskusi dengan teman malah diri sendiri terbawa tren jurusan yang menjadi incaran teman dan sahabat.

Ketua Panitia Lokal Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Padang, Agus Irianto, mendorong calon mahasiswa untuk mencari sebanyak mungkin informasi tentang bidang studi yang akan dipilih. Oleh karena itu, calon mahasiswa memiliki gambaran yang cukup matang tentang jurusan yang akan dipilih.

"Jangan memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman, sementara yang bersangkutan tidak memiliki minat dan kemampuan pada bidang studi tersebut," katanya di Padang, Senin (6/5/2013).

Perhatikan pula apakah jurusan yang dipilih telah terakreditasi. Pasalnya, semakin tinggi nilai akreditasinya, dapat dipastikan jurusan tersebut makin berkualitas.

Wakil Rektor I Universitas Andalas (Unand) Padang, Febrin Anas Ismail, menambahkan, agar para calon mahasiswa lebih selektif, para pelajar itu perlu mempelajari program studi yang akan dipilih berikut orientasi kerja setelah menyelesaikan kuliah.

"Pelajari program studi yang akan dipilih dengan mencari informasi sebanyak mungkin dan pastikan jurusan sesuai dengan minat," paparnya.

Karena pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah ditutup, kesempatan untuk masuk PTN pada tahun ini dapat ditempuh melalui SBMPTN dan jalur mandiri. Untuk masuk perguruan tinggi swasta, pendaftaran juga telah dan akan segera dibuka.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara