Jadwal Pelatihan Kurikulum 2013 Kemdikbud

Artikel Terbaru:
Jadwal Pelatihan Kurikulum 2013 Kemdikbud--
KOMPAS.com - Pelatihan guru yang sudah dijadwalkan akan segera berjalan setelah anggaran kurikulum 2013 sebesar Rp 829 miliar disetujui oleh DPR RI. Sesuai jadwal yang dibuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pelatihan guru sasaran sebanyak 55.762 orang akan dilaksanakan selama lima hari yaitu dari tanggal 8-13 Juli.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa pelatihan guru ini tidak berhenti di sini saja melainkan akan terus dilakukan secara berkelanjutan. Kemudian akan dilakukan pendampingan saat mulai implementasi sehingga dapat dipantau.
"Kami akan terus mendampingi dan ada proses evaluasi yang akan dilakukan juga," kata Nuh di Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Berdasarkan jadwal dari Kemdikbud, mulai tanggal 4-8 Juni para instruktur nasional akan dilatih. Kemudian dilanjutkan oleh pelatihan bagi guru inti pada 11-22 Juni. Selanjutnya, pelatihan guru sasaran pada 8-13 Juli dan implementasi pada 15 Juli.
"Semuanya sudah disiapkan. Sekarang kalau dibandingkan dengan KTSP, apa ada persiapan guru," ujar Nuh.

Pendampingan

Pelatihan yang berlangsung selama satu minggu tersebut, menurut Nuh, hanya merupakan pintu masuk bagi dimulainya Kurikulum 2013. Setelah kegiatan belajar berjalan, pada pertengahan semester, tetap akan diberi pendampingan.

Materi pelatihan tidak banyak berbeda dengan apa yang biasa dilakukan para guru saat mengajar. Hanya ada perubahan filosofi kurikulum yang harus diketahui para guru sehingga cara mengajar lebih komprehensif dan merangsang siswa untuk kreatif serta mengerti berbagai nilai yang baik.

Untuk itu, pada Kurikulum 2013 diterapkan mata pelajaran Budi Pekerti yang berdampingan dengan Pendidikan Agama. Kemuliaan yang ada dalam agama, kata Nuh, menjadi sumber inspirasi bagi perilaku sosial. Dengan demikian, agama menjadi fungsional, tidak hanya ritus antara manusia dan Tuhannya.

kompas.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara