Home » » Hanya 428 Guru BK yang Berpendidikan Profesi Konselor

Hanya 428 Guru BK yang Berpendidikan Profesi Konselor

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 30 May 2013

Artikel Terbaru:
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang kutipan berita pendidikan: Hanya 428 Guru BK yang Berpendidikan Profesi Konselor--
REPUBLIKA.CO.ID,MAGELANG--Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia Mungin Eddy Wibowo mengatakan bahwa belum semua guru bimbingan konseling di sekolah merupakan sarjana bimbingan konseling.
"Dari 33.000 guru BK belum semuanya merupakan sarjana bimbingan konseling, mereka ada yang dari guru mata pelajaran dan yang BK pun masih ada yang sarjana muda," katanya di Magelang, Kamis. Ia mengatakan hal tersebut usai menjadi pembicara pada seminar konseling Malaysia-Indonesia (Malindo) 3 di Magelang.

Sesuai tuntutan Permendiknas nomor 27 Tahun 2008, katanya, untuk menjalankan tugas bimbingan konseling di sekolah satuan pendidikan harus memperkerjakan konselor atau guru BK yang memiliki kualifikasi dalam suatu kompetensi. Ia menuturkan, dari sebanyak 33.000 guru BK tersebut, baru sebanyak 438 berpendidikan profesi konselor.

Menurut dia, selama ini masih ada keluhan kalau ada sebagian sekolah tidak mendukung keberadaan guru BK. Kalau di suatu sekolah guru BK didukung oleh sistem, yaitu kepala sekolah dan guru mata pelajaran mendukung maka guru BK akan bisa ketemu dengan peserta didik.
"Guru BK diberi waktu untuk masuk kelas paling tidak dua jam pelajaran maka bisa memberikan layanan sifatnya vertikal yang orientasinya pada pencegahan dan pamahaman, misalnya diinformasikan tentang bahaya narkoba dan tentang bahaya tawuran sehingga siswa memperoleh pemahaman," katanya.

Selain itu, katanya, berfungsi preventif dan pengembangan pribadi serta bagi mereka yang mempunyai masalah.
"Guru BK harus diberi kesempatan untuk menangani permasalahan tersebut. Kalau tidak bisa dilakukan pada jam sekolah bisa dilakukan di luar jam sekolah," katanya.

Ia mengatakan, Abkin sudah koordinasi dengan pihak sekolah agar memberdayakan guru BK, karena bimbingan konseling merupakan bagian dari suatu sistem di sekolah.
"Sehebat apa pun guru mengajar dengan menguasai materi, siswa tidak akan bisa mencapai daya serap, tidak akan mencapai keterampilan yang bagus, tidak akan berafektif bagus jika siswa itu sendiri sedang mempunyai suatu masalah," katanya.

Menurut dia, agar bisa diberdayakan, tentunya konselor harus menunjukkan kualitasnya, sebab kalau dia tidak berkualitas tentunya tidak akan dipercaya.
"Hal ini tentu menjadi tantangan Abkin bagaimana bisa membantu anggotanya meningkatkan kualitas, salah satunya sekarang ditemukan dalam pertemuan ilmiah ini," katanya.

http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/05/30/mnm72j-hanya-428-guru-bk-yang-berpendidikan-profesi-konselor


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara
Blog ini dijual (This web for sale)
Estimated worth
• Rp 50.807.728 •