728x90 AdSpace

04 May 2013

Grafis Perjalanan Susno Duadji

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info wawasan: Grafis Perjalanan Susno Duadji--
KOMPAS.com — Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Susno Duadji menyerahkan diri pada Kamis (2/5/2013) malam.
Ia mengaku sengaja mendatangi Lembaga Pemasyarakatan Cibinong, Jawa Barat, untuk dieksekusi. Susno mengambil langkah tersebut agar masalahnya tidak berlarut-larut.

Arahkan mouse pada titik kuning di bingkai gambar untuk membaca narasi:
Pernyataan Susno ini disampaikan Ketua Dewan Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, Jumat (3/5/2013). Yusril mengaku mendapatkan pesan dari Susno sebelum jenderal bintang tiga itu menyerahkan diri. Pesan tersebut disampaikan kepada Yusril melalui staf Susno.

"Mohon laporkan Pak YIM (Yusril Ihza Mahendra), Pak Ketum, dan DPP. Karena tujuan untuk menarik perhatian komponen bangsa atas ketidakadilan dan penegakan hukum yang arogan sudah tercapai, pesan sudah didengar segenap komponen bangsa walaupun tindak lanjut memerlukan waktu dan hasilnya juga perlu waktu, maka agar masalah tidak berlarut menjadi pro kontra, maka malam ini saya ambil langkah simpatik datang ke Lapas Cibinong minta dieksekusi walapun dasar hukumnya salah," demikian bunyi pesan Susno yang dikutip Yusril.
Lebih jauh, Yusril menilai, langkah Susno yang menyerahkan diri untuk dieksekusi ini bukan berarti menunjukkan dia bersalah. Susno, kata Yusril, menyerahkan diri karena dia berhadapan dengan kekuasaan dan pembentukan opini luar biasa yang menyalahkannya.

"Saya ingat ucapan Alm Prawoto Mangkusasmito, kalau orang dimasukkan penjara, kita terima itu sebagai kenyataan. Kenyataan bukanlah berarti kebenaran. Susno menyerahkan diri ketika berhadapan dengan aparatur negara, bukan ia mengakui itu kebenaran," ujar Yusril.

"Sejarahlah yang nanti menjadi saksi atas semua kejadian ini. Sejarahlah yang akan menjadi hakim benar tidaknya peristiwa masa kini. Nanti dinilai di masa depan," kata Yusril lagi.

Sumber Grafis: www.tempo.co
Narasi: kompas.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Grafis Perjalanan Susno Duadji Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi