728x90 AdSpace

25 May 2013

Formasi Juri Master Chef Indonesia Season 1, Season 2, dan Season 3

Formasi Juri Master Chef Indonesia Season 1, Season 2, dan Season 3--
Master Chef Indonesia Season 1
Musim pertama ajang lomba masak-memasak ini, formasi juri dipegang oleh Chef Marinka, Chef Juna, dan Chef Vindex. Chef Marinka yang bernama lengkap Maria Irene Susanto (lahir di Jakarta, 22 Maret 1980) atau lebih dikenal dengan panggilan Rinrin Marinka adalah seorang koki-selebriti Indonesia. Hobi memasaknya tumbuh sejak SD. Ia lulusan dari Le Cordon Bleu, Sydney, Australia dengan keahlian khusus French Cuisine & Patisserie. Ia juga mengajar di Pantry Magic Cooking School, Kemang.
Chef Juna yang bernama Asli Juna Rorimpandey, Chef Juna berasal dari Manado, lahir tahun 1976. Chef Juna termasuk dalam golongan anak Nakal. Saat umur 15 Tahun, dia membuat Tatto di kedua lengannya menggunakan mesin tatto buatan sendiri saat berada di Bali. Pada tahun 1997, Juna pergi ke Amerika Serikat untuk sekolah penerbangan. Namun naas, saat dia tengah mengambil lisensi pilot tersebut, sekolah penerbangannya bangkrut. Akhirnya sebuah Restoran Tradisonal Jepang mempekerjakan Chef Juna sebagai Waiter (pelayan). Pemilik restoran Jepang itu kagum dengan kinerja dan dedikasi Juna saat bekerja. Akhirnya, pada tahun 2002, Juna di angkat menjadi Head Chef (kepala koki) di Restoran Tradisional Jepang tersebut. Di tahun 2003, Juna pindah kerja ke restoran sushi nomor satu di Houston yang bernama Uptown Sushi. Setelah beberapa bulan, ia menjadi Executive Chef.

Master Chef Indonesia Season 2
Di Master Chef Indonesia Season 2 ini, Chef Vindex tak bergabung lagi. Chef Degan lantas menggantikan posisi Chef Vindex melengkapi Chef Juna dan Chef Marinka. Lantas, apa alasan Chef Vindex lepas dari MasterChef Indonesia? "Kalau ikut jadi juri MasterChef lagi, saya enggak bisa kerja lagi, pekerjaan saya terbengkalai,” kata Executive Chef Hotel Dharmawangsa ini.
Menurutnya, keputusan untuk tidak lagi bersama Chef Marinka dan Chef Juna merupakan satu hal yang harus dikorbankan. Sementara, diakuinya, hotel tempatnya bekerja telah memberinya banyak toleransi. Sebab ketika ditunjuk menjadi juri MasterChef Indonesia Season 1, tepatnya April 2011, Chef Vindex baru saja bekerja di Hotel Dharmawangsa. Dia terpaksa meminta pengunduran waktu hingga Juli 2011 kepada pihak Hotel Dharmangsa, yang kemudian disetujui.
"Saya tidak mau meninggalkan pekerjaan karena syutingnya sampai lima bulan, lima hari kerja, dan dua hari libur. Kalau saya meninggalkan hotel dimana saya bekerja, tidak etis, apalagi saya baru setahun di sini,” imbuhnya.

Selain itu, pria berdarah Menado ini merasa ada kewajiban lain yang harus dijalankan, tepatnya sebagai Presiden Association of Culinary Profesional (ACP) Indonesia. Di dalam asosiasi ini, Chef Vindex sering kali diundang untuk demo masak di luar negeri, bekerja sama dengan restoran dalam dan luar negeri, ataupun menghadiri kongres kuliner secara rutin.
Tak dipungkiri, Chef Vindex mengatakan bahwa pihak MasterChef Indonesia sempat memintanya kembali menjadi juri pada musim ini. Alhasil sebelum keluar keputusan, dia membutuhkan waktu lama untuk mempertimbangkannya.

Chef Degan Septoadji (lahir di Jakarta, 1 September 1967; umur 44 tahun) atau lebih dikenal dengan panggilan Chef Degan adalah seorang koki yang menjadi terkenal setelah menjadi juri di acara MasterChef. Ia ditunjuk menjadi juri pada tahun 2012 menggantikan Vindex Tengker.

Tiga puluh tahun berkiprah di dunia kuliner, membuat Chef Degan khatam dengan seluk beluk dunia memasak. Sama seperti Chef Vindex, pria bernama lengkap Degan Septoadji Supriyadi ini tak mau kontestan yang berlaga di program 'MasterChef Indonesia 2' hanya memasak demi kepentingan mencari popularitas.

Chef Degan sudah berpengalaman di Jerman dan telah 30 tahun melakoni profesinya. Chef Degan lahir di Indonesia, tetapi tumbuh dewasa di daerah eropa karena kedua orang tuanya bekerja di benua Eropa. Chef Degan menghabiskan masa studinya di Jerman. Setelah selesei dgn studiny di Jerman, Chef ini kembali ke Indonesia kemudian bekerja pada Jakarta Hilton International sebagai karir pertamanya.

Dalam 25 tahun karir Chef-nya, Chef Degan kemudian sempat bekerja di Hotel2 terkenal di Dunia seperti Hyatt, Ritz Carlton, dan sekarang bekerja di Bayan Tree Hotel Bangkok dgn posisi Executive Chef. Karir Chef yang mempu berbahasa Indonesia, Inggris, dan Jerman ini sudah dimulai sejak tahun 1984.

Master Chef Indonesia Season 3
Master Chef Indonesia Season 3 Tanpa Chef Juna! Dari Fanspage MasterChefIndo, tersiar kabar yang mengatakan alasan bahwa Juna tidak menjadi Juri MasterChef lagi karena beliau terlalu keras pada tim acara tersebut. Hal lainnya adalah beberapa pihak acara tersebut tidak cocok dengan ketegasan, kedisiplinan, dan blak-blakannya Chef Juna sehingga jika ada hal yang tidak masuk akal akhirnya menyebabkan delay-nya syuting selama berjam-jam. Chef Juna sendiri mengungkap mundur karena jenuh dan ingin konsentrasi di duniana, kuliner.
Chef Arnold lantas menggantikan Chef Juna melengkapi Chef Marinka dan Chef Degan.

Chef Arnold memang lama dekat dengan dunia kuliner. Ibunya adalah seorang koki dan neneknya juga memiliki restoran. Tapi arnold tidak pernah bercita-cita menjadi chef. Karena belajar marketing, dulu ia ingin menjadi marketing director. Sejak usia 10, arnold dan keluarga pindah ke Sydney. Di kota inilah ia mulai menunjukkan ketertarikan pada dunia kuliner. Saat berusia 14, demi iseng mendapatkan uang saku tambahan, arnold bekerja di sebuah kafe dekat rumah, dimulai dengan membersihkan dapur. Lalu arnold pindah bekerja ke sebuah restoran milik seorang celebrity chef di Australia. Selain itu, ibunya memiliki beberapa rekan yang berprofesi sebagai chef, terkadang ia suka 'bermain' di dapur mereka.

Saat ingin kembali ke Indonesia, Arnold memilih Jakarta sebagai tempat memulai karier profesional di dunia kuliner. The Nest Grill adalah restoran pertama yang ia kelola sejak Juli tahun lalu.

Dalam memasak, Arnold sering sekali menggunakan seafood sebagai bahan masakan. Bermacam seafood menghasilkan rasa yang berbeda, sehingga ia bisa berkreasi lebih banyak. Ia juga suka coba menghasilkan menu dengan satu ingredient baru.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Formasi Juri Master Chef Indonesia Season 1, Season 2, dan Season 3 Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi