Apa dan Bagaimana: DKI Siapkan Sistem Parkir Ala Amerika

Artikel Terbaru:
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info wawasan: Apa dan Bagaimana: DKI Siapkan Sistem Parkir Ala Amerika--
Pemprov DKI Jakarta segera menerapkan sistem parking meter untuk menggantikan parkir on street yang kerap menambah kemacetan di ibu kota. Sebelumnya, sistem parking meter ini telah sukses diterapkan di sejumlah negara maju di dunia. Untuk tahap awal, kawasan Kelapagading dan Pasarbaru dipilih sebagai lokasi penerapan sistem ini.

Sistem parking meter merupakan perangkat yang digunakan sebagai pembayaran jasa parkir kendaraan di bahu jalan (on street) untuk waktu terbatas. Parkir meter juga digunakan untuk menerapkan kebijakan parkir terintegrasi dengan jalan yang terkait dengan lalu lintas dan kebijakan mobilitas manajemen.

Sistem tersebut sudah diterapkan di kota-kota besar di negara berkembang maupun maju. Seperti di Boston, Oklahoma, Houston, New York, Chicago, Long Angeles, dan di kota-kota China.

"Sistem parking meter juga digunakan untuk menerapkan kebijakan parkir terintegrasi dengan jalan terkait dengan lalu lintas dan kebijakan mobilitas manajemen," ujar Basuki T Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta, di Balaikota, seperti dilansir situs beritajakarta.
Dikatakan Basuki, sistem parking meter akan dimasukkan dalam revisi Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Perparkiran. Pelaksanaan sistem parking meter akan melibatkan pihak swasta yang memiliki lahan parkir on street di depan tempat usahanya. “Kita mau pakai sistem teknologi parking meter seperti di Eropa. Keuntungan akan dibagai 50-50 untuk swasta dan UPT Perparkiran. Dengan penerapan sistem kerjasama ini, Pemprov DKI akan meraih pendapatan,” katanya.

Pihaknya, kata Basuki, telah memilih sejumlah kawasan di Jakarta Utara dan Jakarta Pusat untuk penerapan sistem parking meter. "Dua kawasan di Jakarta Utara dan Jakarta Pusat. Yaitu kawasan Kelapagading di Jakarta Utara dan Pasarbaru di Jakarta Pusat. Uji coba sistem parking meter ini akan segera diluncurkan,” ucapnya.

Sistem parking meter, kata Basuki, akan diuji coba di kawasan Kelapagading khususnya di kawasan rumah toko (ruko) yang memiliki ruas atau lahan parkir on street. "Penerapan sistem parking meter di Kelapagading akan dimulai di ruas Jl Boulevard dengan panjang ruas jalan 1.500 meter hingga 2.000 meter serta di kawasan Pasarbaru," katanya.

republika.co.id
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara