728x90 AdSpace

18 April 2013

UN SMP, Mendikbud Tetap Percayai PT Ghalia

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang kutipan berita pendidikan: UN SMP, Mendikbud Tetap Percayai PT Ghalia--
KOMPAS.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI M Nuh mengaku telah kehilangan kepercayaan terhadap perusahaan percetakan PT Ghalia Indonesia Printing terkait terlambatnya naskah Ujian Nasional tingkat SMA. Untuk UN pelajar tingkat SMP, PT Ghalia hanya diberi kepercayaan untuk mencetak naskah di Provinsi Bali.

“Tiga hari lalu kami sudah putuskan, kami sudah kehilangan kepercayaan karena yang SMA saja belum selesai. Apalagi ditambah yang SMP. Oleh karena itu, kami ambil alih untuk selamatkan yang SMP. Ghalia hanya mengambil yang paling mudah, yaitu untuk Bali saja, yang jumlahnya 59.000,” kata M Nuh seusai menghadiri suatu acara di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Nuh menjelaskan, untuk naskah di provinsi lainnya akan dipegang oleh perusahaan pemenang lain, diantaranya PT Pura Barutama yang ada di Kudus, PT Temprina Media Grafika di Surabaya, PT Jasuindo Tiga Perkasa di Sidoarjo. Nuh mengatakan, naskah UN untuk pelajar SMP telah rampung dan siap didistribusikan.

“Alhamdulillah progresnya sudah bagus, sudah selesai. Sekarang mulai kirim,” ujarnya.

Sementara itu, kemarin Nuh mengatakan bahwa PT Ghalia sebelumnya akan memegang pengadaan naskah soal dan lembar jawaban UN SMP/MTs untuk 11 provinsi yang akan digelar pekan depan. Keputusan menyunat tanggung jawab PT Ghalia itu diambil dengan persetujuan Inspektorat Jenderal Kemendikbud.

HIngga kemarin, Nuh mengaku menerima infomrasi bahwa PT Ghalia Indonesia Printing masih terus merampungkan pengepakan untuk naskah soal SMP/MTs.

"Ghalia sekarang masih dalam tahap pengepakkan. Yang lain sudah siap kirim. Oleh karena itu, kami bagi seperti itu. Tapi untuk SMP, InsyaAllah serentak bisa dilakukan di 22 April minggu depan," kata mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Seperti diketahui, pelaksanaan Ujian Nasional pada tahun 2013 mengalami kekacauan di sejumlah tempat terkait pendistribusian soal. Pelaksanaan UN di 11 provinsi yang seharusnya dilakukan pada Senin (15/4/2013) terpaksa ditunda hingga Kamis. Namun, pada pelaksanaan hari ini, distribusi soal masih juga menjadi kendala. Di beberapa daerah bahkan, soal ujian terpaksa digandakan lantaran kurang.

Sementara di Nusa Tenggara Timur (NTT), pelaksaan UN akhirnya kembali ditunda hingga Jumat (19/4/2012) karena soal yang tak kunjung datang.

kompas.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: UN SMP, Mendikbud Tetap Percayai PT Ghalia Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi