UN 2013 : Sekolah Talangi Dana Penyelenggaraan Ujian Nasional

Artikel Terbaru:
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang kutipan berita pendidikan: UN 2013 : Sekolah Talangi Dana Penyelenggaraan Ujian Nasional--
SOLO—Dana penyelenggaraan ujian nasional (UN) 2013 dari pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah belum cair hingga UN tingkat SMA, MA, SMK dan SMALB di Solo berlangsung.
Sekolah terpaksa harus menalangi dana tersebut agar UN tetap dapat diselenggarakan. Kepala SMK Kristen Monginsidi Solo, Yusak Sugiarto, mengatakan pihaknya menarik iuran UN 2013 sebesar Rp650.000/siswa.
Sekolah tersebut memiliki 32 siswa yang berasal dari jurusan jasa boga dan jasa busana. Dana ini digunakan untuk operasional ujian praktik dan UN sampai selesai.
Jika tersisa, uang ini akan digunakan sebagai biaya fotokopi dan perpisahan. “Dana penyelenggaraan UN 2013 memang belum cair, kami menalangi dulu dana itu dari iuran siswa. Biasanya dana penyelenggaran itu digunakan untuk membayar pengawas, konsumsi dan pembelian alat tulis kantor (ATK),” ujarnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (16/4/2013).
Yusak juga belum mengetahui berapa besaran dana penyelenggaraan UN yang ia terima. Ia merinci bahwa kebutuhan penyenggaraan di sekolahnya di antaranya Rp50.000 untuk honor pengawas per satu mata pelajaran yang diawasi.
Selain itu, biaya konsumsi pengawas ruang dan pengawas dari perguruan tinggi (PT) senilai Rp10.000/orang. Ia juga mengaku bahwa tujuh orang siswa yang mendapatkan beasiswa miskin (BSM) menggunakan beasiswa itu untuk membayar dana penyelenggaraan ujian.
“Uang iuran dari siswa itu digunakan untuk ujian praktik dan UN. Jika sisa, uang akan dikembalikan kepada siswa untuk membeli bahan-bahan ujian praktik,” terangnya.
Talangi Dana
Sementara itu, Kepala SMA Muhammadiyah 2 Solo, Sri Darwati, juga mengungkapkan hal senada. SMA Muhammadiyah 2 Solo harus menalangi dana UN senilai Rp3,5 juta.
Dana tersebut digunakan untuk honor pengawas senilai Rp3 juta dan konsumsi panitia UN senilai Rp532.000. Talangan tersebut didapatkan dari dana taktis sekolah. Sehingga siswa tidak perlu membayar terlebih dahulu sebelum mengikuti UN.
“Kami menalangi dana penyelenggaraan UN dari dana taktis sekolah, siswa tidak perlu iuran lagi sebelum UN,” aku dia.
Ia mengaku dana penyelenggaraan UN dari pusat senilai Rp 40.000/siswa dijanjikan cair pada pekan ini. Dana tersebut akan ditransfer langsung ke rekening sekolah. Namun, untuk dana dari Pemprov Jateng, belum ada informasi lebih lanjut kapan akan cair.
Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dana UN dari pusat dialokasikan untuk proses pengawasan dan konsumsi penyelenggaraan UN. Besaran dana tersebut disesuaikan dengan jumlah peserta UN.
Rinciannya adalah Rp40.000 bagi tiap siswa SMA dan MA serta Rp25.000 per murid SMK. Di Kota Solo sendiri, siswa yang terdaftar menjadi peserta UN 2013 sebanyak 6.110 siswa SMA/MA/SMALB dan 7.830 siswa SMK.

solopos.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara