Siswa Boleh Kerjakan UN di Soal yang Difotokopi?

Artikel Terbaru:
Kali ini Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang kutipan berita pendidikan: Siswa Boleh Kerjakan UN di Soal yang Difotokopi?--
KOMPAS.com - Sebagian siswa di beberapa wilayah pada tahun ini terpaksa mengerjakan Ujian Nasional (UN) langsung di atas naskah soal fotokopian lantaran naskah soal asli beserta lembar jawab yang sampai ke sekolahnya tak sesuai jumlahnya. Untuk menjawab persoalan ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa naskah soal boleh difotokopi dengan pengamanan ketat dan para siswa yang mengalami kekurangan soal serta lembar jawab bisa mengerjakan langsung di atas naskah fotokopian tersebut.

"Anak-anak langsung saja menjawab di naskah. Misalnya jawaban A, ya langsung dibunderin atau disilang saja," kata Nuh saat dijumpai di Kemdikbud, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Setelah anak-anak mengisi jawaban di atas naskah soal, nantinya jawaban tersebut akan dipindahkan ke lembar jawab yang terkomputerisasi oleh tiga elemen yaitu pihak kepolisian, dinas dan universitas sehingga saat dikoreksi tetap dilakukan menggunakan alat pindai. Langkah ini tentu menuai kontroversi tersendiri karena rawan kecurangan dan berpotensi merugikan siswa.

"Kalau semua serba nggak percaya ya nggak akan selesai. Yang pasti sudah dipastikan yang mindahkan tidak main-main," ujar Nuh.

"Ada masalah seperti ini, harus cari solusi, kalau sudah seperti ini harus diapain coba. Kalau terus dipersalahkan tidak akan selesai," tandasnya.

Seperti diketahui akibat lalainya percetakan, naskah soal UN beserta lembar jawab yang ada di beberapa wilayah mengalami kekurangan. Bahkan tidak sedikit yang soalnya tertukar misalkan untuk SMA menjadi soal SMK atau untuk jurusan IPA menjadi naskah soal jurusan IPS.

kompas.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara