728x90 AdSpace

19 April 2013

Siswa Boleh Kerjakan UN di Soal yang Difotokopi?

Kali ini Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang kutipan berita pendidikan: Siswa Boleh Kerjakan UN di Soal yang Difotokopi?--
KOMPAS.com - Sebagian siswa di beberapa wilayah pada tahun ini terpaksa mengerjakan Ujian Nasional (UN) langsung di atas naskah soal fotokopian lantaran naskah soal asli beserta lembar jawab yang sampai ke sekolahnya tak sesuai jumlahnya. Untuk menjawab persoalan ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa naskah soal boleh difotokopi dengan pengamanan ketat dan para siswa yang mengalami kekurangan soal serta lembar jawab bisa mengerjakan langsung di atas naskah fotokopian tersebut.

"Anak-anak langsung saja menjawab di naskah. Misalnya jawaban A, ya langsung dibunderin atau disilang saja," kata Nuh saat dijumpai di Kemdikbud, Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Setelah anak-anak mengisi jawaban di atas naskah soal, nantinya jawaban tersebut akan dipindahkan ke lembar jawab yang terkomputerisasi oleh tiga elemen yaitu pihak kepolisian, dinas dan universitas sehingga saat dikoreksi tetap dilakukan menggunakan alat pindai. Langkah ini tentu menuai kontroversi tersendiri karena rawan kecurangan dan berpotensi merugikan siswa.

"Kalau semua serba nggak percaya ya nggak akan selesai. Yang pasti sudah dipastikan yang mindahkan tidak main-main," ujar Nuh.

"Ada masalah seperti ini, harus cari solusi, kalau sudah seperti ini harus diapain coba. Kalau terus dipersalahkan tidak akan selesai," tandasnya.

Seperti diketahui akibat lalainya percetakan, naskah soal UN beserta lembar jawab yang ada di beberapa wilayah mengalami kekurangan. Bahkan tidak sedikit yang soalnya tertukar misalkan untuk SMA menjadi soal SMK atau untuk jurusan IPA menjadi naskah soal jurusan IPS.

kompas.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Siswa Boleh Kerjakan UN di Soal yang Difotokopi? Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi