Home » » Lembar Jawaban Fotokopian, Terbaca "Scanner" Tidak ya?

Lembar Jawaban Fotokopian, Terbaca "Scanner" Tidak ya?

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 18 April 2013

Artikel Terbaru:
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang kutipan berita pendidikan: Lembar Jawaban Fotokopian, Terbaca "Scanner" Tidak ya?--
KOMPAS.com — Kisruh Ujian Nasional 2013 yang tak kunjung selesai ini membuat banyak siswa merasa khawatir akan nasib hasil ujian yang mereka kerjakan. Bahkan, tidak sedikit yang cemas mengenai kelulusan. Bukan karena tidak bisa mengerjakan, melainkan khawatir karena teknis pengerjaan yang tidak sesuai.

Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti, mengatakan bahwa para siswa yang menggunakan lembar jawab ujian nasional (LJUN) fotokopian mengalami kekhawatiran apakah hasil ujiannya dapat terkoreksi dengan baik dan benar.

"LJUN-nya fotokopian dan soalnya juga fotokopian. Lalu ada sistem barcode di soal itu. Muncul kekhawatiran, jawabannya akan bisa di-scan atau tidak," kata Retno saat jumpa pers terkait UN 2013 di Kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Seperti diketahui, kasus LJUN dan naskah soal yang terpaksa difotokopi ini ternyata nyaris terjadi di semua wilayah penyelenggara UN tahun ini. Dari naskah soal yang kurang atau tertukar, hingga LJUN yang tipis dan mudah robek saat dihitamkan atau saat dihapus oleh siswa.

Retno juga tidak yakin bahwa LJUN yang difotokopi untuk anak-anak itu bisa ditandai dengan baik sehingga saat pemindaian akan dipilah tersendiri. Pasalnya, jumlah LJUN fotokopian tersebut cukup banyak dan terjadi hampir di semua wilayah. Hal ini tentu menjadi masalah tersendiri nantinya.

"Banyak kejadian yang seperti ini. Tentu akan berpotensi merugikan siswa karena LJUN yang difotokopi bisa saja tidak terbaca. Meski ditandai, kok rasanya tetap tidak yakin," ujar Retno.

Berdasarkan data yang diterima oleh FSGI, kekurangan soal yang terjadi di Sumatera Utara, Riau, dan Banten ini akhirnya membuat panitia menggandakan soal dan LJUN. Hal serupa juga terjadi di Bandung, Kalimantan, dan Kediri. Lantaran kekurangan, bisa saja satu ruangan, mau tidak mau, harus fotokopi soal agar bisa tetap ujian.

kompas.com


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara
Blog ini dijual (This web for sale)
Estimated worth
• Rp 50.807.728 •