Kemendikbud: Berkurang, Kecurangan dan Kebocoran Soal Tahun Ini

Artikel Terbaru:
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang kutipan berita pendidikan: Kemendikbud: Berkurang, Kecurangan dan Kebocoran Soal Tahun Ini--
KOMPAS.com - Meski kisruh Ujian Nasional (UN) terjadi nyaris di 33 provinsi, Posko UN yang dibuka oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan justru mengalami penurunan jumlah aduan. Terutama untuk masalah kecurangan dan kebocoran yang biasanya kerap diadukan kini menjadi minim.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, mengatakan bahwa pada ujian kali ini pengaduan masyarakat melalui Posko UN yang dibuka oleh Kemendikbud menurun drastis. Fakta ini membuat kementerian menyimpulkan bahwa kecurangan dan kebocoran soal yang selama ini mewarnai UN mulai teratasi.

"Ujian tahun ini ada hal menarik. Pengaduan posko juga alami penurunan. Beberapa kasus ikut turun tapi kasus lain alami peningkatan," kata Khairil saat jumpa pers Evaluasi UN di Gedung C Kemdikbud, Jakarta, Kamis (25/4/2013).

Berdasarkan data dari Kemdikbud,aduan terkait kecurangan UN hanya ada 13 saja. Sementara pada tahun sebelumnya, aduan untuk kecurangan UN mencapai 258 aduan. Sedangkan untuk aduan kebocoran, dulu mencapai 85 aduan menjadi turun menjadi enam aduan pada tahun ini.

"Hanya laporan kekurangan naskah saja yang kemarin empat sekarang jadi 16," ujar Khairil.

Sekretaris Inspektorat Jenderal, Hindun Basri Purba, mengatakan bahwa sejauh ini laporan yang masuk ke pihaknya juga berkisar pada kekurangan soal. Sementara untuk penyelenggaraan UN sendiri, tidak ada laporan yang menyudutkan hingga saat ini.

"Laporannya yang masuk hingga saat ini tidak ada yang sudutkan penyelenggaraan UN. Ada aduan tentang kurang soal, tapi kurang soal itu sudah ada aturan di dalam POS," jelas Hindun.

Seperti diketahui, Kemdikbud membuka beberapa Posko Pengaduan UN di Pusat Informasi dan Humas, Inspektorat Jenderal dan Pusat Penilaian Pendidikan. Posko mulai aktif sejak tanggal 13 April hingga 26 April esok dan menerima aduan selama 24 jam penuh.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara