728x90 AdSpace

26 April 2013

Kemendikbud: Berkurang, Kecurangan dan Kebocoran Soal Tahun Ini

Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang kutipan berita pendidikan: Kemendikbud: Berkurang, Kecurangan dan Kebocoran Soal Tahun Ini--
KOMPAS.com - Meski kisruh Ujian Nasional (UN) terjadi nyaris di 33 provinsi, Posko UN yang dibuka oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan justru mengalami penurunan jumlah aduan. Terutama untuk masalah kecurangan dan kebocoran yang biasanya kerap diadukan kini menjadi minim.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, mengatakan bahwa pada ujian kali ini pengaduan masyarakat melalui Posko UN yang dibuka oleh Kemendikbud menurun drastis. Fakta ini membuat kementerian menyimpulkan bahwa kecurangan dan kebocoran soal yang selama ini mewarnai UN mulai teratasi.

"Ujian tahun ini ada hal menarik. Pengaduan posko juga alami penurunan. Beberapa kasus ikut turun tapi kasus lain alami peningkatan," kata Khairil saat jumpa pers Evaluasi UN di Gedung C Kemdikbud, Jakarta, Kamis (25/4/2013).

Berdasarkan data dari Kemdikbud,aduan terkait kecurangan UN hanya ada 13 saja. Sementara pada tahun sebelumnya, aduan untuk kecurangan UN mencapai 258 aduan. Sedangkan untuk aduan kebocoran, dulu mencapai 85 aduan menjadi turun menjadi enam aduan pada tahun ini.

"Hanya laporan kekurangan naskah saja yang kemarin empat sekarang jadi 16," ujar Khairil.

Sekretaris Inspektorat Jenderal, Hindun Basri Purba, mengatakan bahwa sejauh ini laporan yang masuk ke pihaknya juga berkisar pada kekurangan soal. Sementara untuk penyelenggaraan UN sendiri, tidak ada laporan yang menyudutkan hingga saat ini.

"Laporannya yang masuk hingga saat ini tidak ada yang sudutkan penyelenggaraan UN. Ada aduan tentang kurang soal, tapi kurang soal itu sudah ada aturan di dalam POS," jelas Hindun.

Seperti diketahui, Kemdikbud membuka beberapa Posko Pengaduan UN di Pusat Informasi dan Humas, Inspektorat Jenderal dan Pusat Penilaian Pendidikan. Posko mulai aktif sejak tanggal 13 April hingga 26 April esok dan menerima aduan selama 24 jam penuh.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

Item Reviewed: Kemendikbud: Berkurang, Kecurangan dan Kebocoran Soal Tahun Ini Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi