728x90 AdSpace

27 March 2013

Tips Lulus UN (Ujian Nasional)

Kali ini Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang kutipan berita pendidikan: Tips Lulus UN (Ujian Nasional)--
REPUBLIKA.CO.ID -- Memperbanyak latihan soal ternyata dapat menjadi penentu kelulusan Ujian Nasional (UN). Pemerhati pendidikan Saufi Sauniwati mengatakan dengan semakin sering siswa berlatih soal sesuai kisi-kisi UN maka akan semakin mudah pula menjawab soal pada ujian sebenarnya.

Soal yang dilatih, Saufi mengungkapkan, bisa berasal dari buku-buku latihan soal yang saat ini banyak beredar atau pun memanfaatkan portal-portal yang berisi soal-soal UN. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih buku-buku soal ataupun portal tersebut yaitu soal yang disajikan harus sesuai dengan kisi-kisi dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). "Pilih buku kumpulan soal atau portal yang sesuai kisi-kisi BNSP. Disamping itu, pilih yang mampu mengevaluasi langsung dalam artian dapat segera diketahui hasil dari menjawab soal-soal tersebut," kata Saufi, Selasa (26/3).

Saufi mengungkapkan memperbanyak latihan soal dapat meningkatkan jembatan memori dalam otak. Semakin sering menjawab soal, maka jembatan memori akan semakin terbentuk. "Artinya semakin sering latihan soal UN maka memori tentang soal UN dan bagaimana menjawabnya juga bagaimana menganalisa kesalahannya akan terbentuk," kata Saufi.

Terdapat tiga jenis sifat soal ujian yaitu evaluatif, sumatif, formatif. Saufi mengungkapkan jenis evaluatif yang umumnya diterapkan pada UN. "Evaluatif merupakan teknik soal yang tidak hanya untuk menilai kemampuan guru dan siswa tapi juga kebijakan pemerintah," kata Saufi.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Tips Lulus UN (Ujian Nasional) Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi