Tips Hadapi Anak yang Malas Belajar

Artikel Terbaru:
Kali ini Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang kutipan berita pendidikan: Tips Hadapi Anak yang Malas Belajar--
KOMPAS.com — Anda termasuk orangtua yang kewalahan menghadapi anak yang malas belajar? Orangtua tentu bakal khawatir jika sang buah hati terlihat tak semangat belajar, bahkan sampai memengaruhi hasil studinya di sekolah.
Untuk mengatasi hal seperti ini, orangtua harus mengamati penyebab utama anak kehilangan semangat untuk belajar. Psikolog LPT UI, Wita Mulyani, mengatakan bahwa orangtua kerap tidak sabar saat menghadapi anak yang enggan belajar sehingga kadang bersikap keras dan mulai dengan nada mengancam agar anak mau menurut. Padahal, langkah tersebut sama sekali tidak efektif dan justru membuat anak makin tak bersemangat untuk belajar.

"Dilihat dulu alasannya apa yang buat anak malas belajar. Ada gangguankah? Atau terlalu lelah setelah sekolah dan kursus?" ujar Wita saat diskusi tentan Pendidikan STEM di FX Lifestyle Center, Jakarta, Kamis (21/3/2013).

Apabila anak memang lelah, beri waktu untuk mereka beristirahat terlebih dahulu. Saat anak sudah mulai segar dan bisa beraktivitas kembali, ciptakan suasana yang mendukung untuk belajar dan siapkan alat yang mampu menarik minatnya.

"Buat anak senyaman mungkin. Dan kalau ada yang mengalihkan perhatiannya, maka dari awal siapkan alat yang mampu menarik minatnya untuk belajar," ujar Wita.

"Misalkan belajar Matematika. Jangan hanya sekadar teori tiga kali empat sama dengan 12, tapi pakai alat peraga atau permainan sehingga anak tidak bosan dan paham konsep dasar bukan sekadar hafalan," imbuhnya.

Tentu saja, durasi belajar juga harus diperhatikan. Terlalu lama belajar tentu akan membuat anak menjadi bosan dan apa yang sedang dipelajari tidak akan terserap optimal. Untuk itu, waktu belajar di rumah sebaiknya tidak terlalu lama karena sebelumnya anak sudah sibuk di sekolah.

"Durasi waktu di rumah jangan terlalu panjang. Misal 15 menit dulu untuk mengerjakan soal. Jadi, anak tidak bosan dan kehilangan minat," tandasnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara