Latar Cerpen dan Hubungannya dengan Realitas Sosial

Artikel Terbaru:
loading...
loading...
Penunjukan latar dalam karya dapat dilakukan dengan cara bermacam-macam, tergantung selera dan kreativitas pengarang. Ada pengarang yang melukiskan secara rinci, ada pula yang sekadar menunjukkan dalam bagian cerita.

Unsur latar dapat dibedakan ke dalam tiga unsur pokok, yaitu:
1. Latar tempat, yaitu lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam sebuah karya fiksi. Unsur tempat yang dipergunakan berupa tempat-tempat dengan nama-nama tertentu, misalnya desa, sungai, jalan, hutan, kota, dan sebagainya.
2.Latar waktu, yaitu berhubungan dengan masalah kapan terjadinya peristiwa yang dikisahkan dalam karya sastra. Adanya kesejalanan waktu dimanfaatkan untuk memberikan kesan kepada pembaca seolah-olah cerita tersebut sungguh-sungguh ada dan terjadi.
3. Latar sosial, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan perilaku kehidupan sosial masyarakat di suatu tempat yang diceritakan dalam karya fiksi atau cerpen. Latar sosial dapat berupa kebiasaan hidup, adat istiadat, tradisi, keyakinan, pandangan hidup, serta cara berpikir dan bersikap. Selain itu, latar sosial juga berhubungan dengan situasi sosial tokoh yang bersangkutan, misalnya rendah, menengah, dan atas. Latar sosial berperan menentukan apakah sebuah latar menjadi khas dari sebuah cerita serta memiliki hubungan dengan kehidupan sosial.

loading...
Artikel Lainnya:
.