Kurikulum 2013: Arah Pelajaran Bahasa Indonesia Menjadi Tidak Jelas?

Artikel Terbaru:
Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang kutipan berita pendidikan: Kurikulum 2013: Arah Pelajaran Bahasa Indonesia Menjadi Tidak Jelas?--
JAKARTA, KOMPAS.com — Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 bakal berpengaruh besar terhadap pengajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah. Pembelajaran Bahasa Indonesia dinilai menjadi tidak jelas karena fokus kebahasaan tidak lagi menonjol.

Ketua Umum Asosiasi Pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia (APBSI) Saifur di Jakarta, Rabu (13/2/2013), mengatakan, praktik Kurikulum 2013 nantinya menjadikan bahasa dan sastra Indonesia sebagai alat untuk menyampaikan materi lainnya, seperti ilmu pengetahuan sosial dan alam.

Belajar Bahasa Indonesia tidak sekadar memakai bahasa Indonesia untuk menyampaikan materi belajar. Namun, perlu juga dipelajari soal makna atau bagaimana memilih kata yang tepat. "Hal-hal ini yang akan kabur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama di SD yang harus selalu tematik integratif," kata Saifur.

Menurut Saifur, pada mulanya, bahasa dan sastra Indonesia dijadikan media untuk memperkenalkan nilai-nilai kebangsaan, identitas, kebahasaan, dan aspek-aspek lain yang terkait dengan kecerdasan linguistik seorang siswa.

Kebijakan dalam Kurikulum 2013 berdampak signifikan terhadap model, proses, dan sistem pembelajaran, baik di sekolah maupun perguruan tinggi.
"Para guru resah dengan perubahan itu yang sampai saat ini informasinya belum jelas sampai ke guru, terutama guru Bahasa Indonesia," kata Saifur.

Berdasarkan penelitian APBSI dengan responden para pendidik bahasa dan sastra Indonesia di SMP dan SMA di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Tengah, para guru merasa uji publik belum memberikan informasi yang signifikan bagi pendidik bahasa dan sastra Indonesia.
Padahal, perubahan Kurikulum 2013 jelas akan membawa dampak signifikan terhadap proses belajar mengajar yang meliputi materi dan model pengajaran hingga alat yang digunakan untuk menyampaikan materi terhadap peserta didik.

Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, kata Saifur, perlu tetap berorientasi pada pendidikan nilai-nilai, identitas, dan bahasa yang menjadi jati diri bangsa. "Di SD kan perubahan pelajaran Bahasa Indonesia terintegrasi. Bahasa Indonesia sebagai alat untuk menyampaikan materi pelajaran lain. Dikhawatirkan, nantinya ketika di SMP siswa jadi bingung belajar soal bahasa dan sastra Indonesia," kata Saifur.

Sementara itu, Abdul Hadi WM, penyair dan pengajar di Universitas Paramadina, mengatakan, penguatan pendidikan kesusastraan penting. Generasi muda dapat belajar budaya lewat sastra.
Namun, pembelajaran soal sastra ini lemah. "Sekarang ini tidak terjadi regenerasi sastra dengan baik," ujar Abdul.
Sastra yang berkembang justru penguasaan teori-teori, itu pun bukan yang dikembangkan sendiri dari Indonesia.
”Pengajaran sastra kepada generasi muda jangan lepas dari sejarah bangsa. Bangsa yang besar punya kesusastraan yang berkembang baik,” tutupnya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara