728x90 AdSpace

28 January 2013

Isi dan Bagian Suatu Teks Bacaan

Isi dan Bagian Suatu Teks Bacaan--
Bacalah paragraf berikut!
1) Salah satu bagian sepeda motor yang penting adalah ban. 2) Biasanya para pengendara kurang memperhatikan hal itu. 3) Mereka kurang memperhatikan bahwa kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara juga ditentukan oleh kondisi ban. 4) Oleh sebab itu, para pengendara perlu memperhatikan kondisi ban secara berkala.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor. . . .
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
Jawaban: A

Teks merupakan wacana tertulis/bacaan yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran. Teks/ bacaan terdiri atas beberapa paragraf. Paragraf adalah seperangkat kalimat yang berkaitan satu-sama lain dan membentuk satu kesatuan untuk mengutarakan atau mengemukakan satu gagasan utama atau gagasan pokok. Syarat-syarat sebuah paragraf yaitu koheren (berhubungan), kohesif (padu), dan memiliki satu gagasan utama (pokok).

Setiap paragraf harus memiliki gagasan utama. Gagasan utama, gagasan pokok, atau ide pokok adalah hal yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Gagasan utama dalam paragraf berfungsi sebagai pengendali informasi atau inti informasi. Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi ide pokok. Kalimat utama dapat ditemukan di awal, akhir, awal dan akhir, atau pada seluruh paragraf.

Isi dalam teks/bacaan dapat diberi kritik berdasarkan informasi yang disajikan. Kritik merupakan tanggapan yang disertai uraian dan pertimbangan baik atau buruk mengenai sesuatu. Kritik yang diberikan dapat berupa tanggapan positif (baik) atau tanggapan negatif (buruk). Kritik harus disertai alasan yang logis.
Ketika memberi tanggapan, pendapat pun sering diungkapkan.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Isi dan Bagian Suatu Teks Bacaan Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi