Home » » Ibu Nia Kurniati dan Rumah Belajar Saraba Kawa Berbagi di SMPN 2 Tanta

Ibu Nia Kurniati dan Rumah Belajar Saraba Kawa Berbagi di SMPN 2 Tanta

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 16 November 2012

Artikel Terbaru:
Ibu Nia Kurniati dan Rumah Belajar Saraba Kawa Berbagi di SMPN 2 Tanta-- Hari ini, 16 November 2012, SMPN 2 Tanta kedatangan tamu, Ibu Nia Kurniati (Bandung) dan kawan-kawan dari Rumah Belajar Saraba Kawa (Tanjung). Adapun sebagai fasilitator/sponsor kedatangan mereka adalah pihak Yayasan Adaro Bangun Negeri yang dikomandoi oleh Ibu Zuraida bertajuk "Workshop Pengelolaan Sanitasi Sekolah". Ibu Ida datang bersama staf YABN lainnya: Pak Surya, Mas Bambang, dan Mas ... (saya lupa namanya).

Sebagai orang yang berpengalaman dalam hal membimbing siswanya yang kreatif (di SMPN 11 Bandung) berperilaku hidup bersih dan sehat, Ibu Nia (yang super) telah memberikan inspirasi yang besar kepada warga SMPN 2 Tanta. Ibu Nia, telah dua kali muncul dalam program televisi Kick Andy (MetroTV) terkait pembimbingan beliau kepada siswanya menjalankan program "Jamban BSJ (Bersih, Sehat, dan Jujur)".
"Saya hanya membimbing, idenya sendiri dari siswa. Ria, namanya," urai Bu Nia sembari menampilkan fakta prestasi yang telah diraih Ria terkait ide cemerlangnya itu.

Di lain pihak, kawan-kawan dari Rumah Belajar Saraba Kawa yang dipimpin oleh Bang Firman Yusi beserta Kak Haris, Kak Lianta, dan Kak Erma, turut berbagi tentang bagaimana mengolah limbah (sampah) plastik menjadi hasil kerajinan yang berguna dan ekonomis.
Melalui workshop ini juga, dimoderasi oleh Bu Ida dan Bu Nia, warga SMPN 2 Tanta telah merumuskan program terkait sanitasi dan PHBS demi mewujudkan sekolah yang bersih dan sehat, yaitu "Toilet Higienis dan Pengelolaan Sampah" (selain ketersediaan air bersih yang selama ini menjadi momok bagi SMPN 2 Tanta).

Satu langkah kecil yang telah dirintis hari ini adalah bibit untuk sebuah akibat yang besar, tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk bangsa dan negara. Sebagaimana diungkapkan oleh David Mc Clelland (Sumber: FG Winarno, KGN 2012), sebuah negara akan makmur jika sedikitnya 2% penduduknya adalah entrepreneur (wirausahawan). Dan Rumah Belajar Saraba Kawa tak hanya memberikan jalan tentang penanganan/pemanfaatan limbah plastik sekaligus menanamkan jiwa kreatif bagi siswa, namun juga secara tak langsung menyemai bibit para entrepreneur masa depan. Begitupun, apa yang dilakukan oleh Bu Nia telah turut menyiapkan bunga-bunga bangsa ini, harapan masa depan Indonesia, menjadi generasi yang tangguh, kreatif, dan visioner. Semoga.


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara
Blog ini dijual (This web for sale)
Estimated worth
• Rp 50.807.728 •