728x90 AdSpace

06 October 2012

'Pendidikan Karakter yang Digembar-gemborkan Pemerintah Hanya Teori'

'Pendidikan Karakter yang Digembar-gemborkan Pemerintah Hanya Teori'--
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Belakangan ini pemerintah tidak bosan-bosannya mengkampanyekan pendidikan karakter pada semua jenjang sekolah di Indonesia. Namun, jika melihat faktanya, ternyata hal itu hanya sekadar teori semata.

"Perlu program yang jelas untuk membangun karakter generasi muda bangsa," ujar Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Rohmani di Jakarta, Kamis (4/10).

Menurut dia, tawuran pelajar yang telah menelan korban jiwa 18 orang selama tahun 2012 menjadi bukti jika pendidikan karakter hanya sekadar wacana. "Hampir setiap kementerian ada program pendidikan karakter. Namun tak satu pun yang menyentuh persoalan," kata legislator yang membidangi masalah pendidikan, kebudayaan, olahraga dan pariwisata itu.

Ia mengatakan, pihaknya mulai curiga jika pemerintah tidak memahami hubungan pendidikan karakter dengan esensi pendidikan. Wacana pendidikan karakter, menurut Rohmani, sudah berlangsung enam tahun, namun belum ada tanda-tanda bila hal tersebut mengarah pada perbaikan.

Anggota Fraksi PKS DPR itu menambahkan jika pendidikan karakter hanya sekadar proyek bagi birokrat terkait, di mana kegiatannya seringkali hanya sekadar seremonial. "Pendidikan karakter itu bukan pengetahuan semata. Selama ini hanya dijadikan sekadar wawasan," katanya.

Untuk itu, kata dia, pemerintah harus mengubah strategi pendidikan karakter. "Model seminar harus ditinggalkan. Pendekatan pendidikan ekstrakurikuler harus ditingkatkan," katanya.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/04/mbcsut-pendidikan-karakter-yang-digembargemborkan-pemerintah-hanya-teori
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: 'Pendidikan Karakter yang Digembar-gemborkan Pemerintah Hanya Teori' Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi