Home » » Inilah Alasan Mengapa Bahasa Inggris Akan Dihapus dari Kurikulum SD

Inilah Alasan Mengapa Bahasa Inggris Akan Dihapus dari Kurikulum SD

Posted by PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU on 16 October 2012

Artikel Terbaru:

Inilah Alasan Mengapa Bahasa Inggris Akan Dihapus dari Kurikulum SD--

JAKARTA, KOMPAS.com — Mata pelajaran Bahasa Inggris tidak akan lagi dimuat dalam kurikulum wajib untuk siswa sekolah dasar (SD) yang akan diberlakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun ajaran 2013-2014. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan, mata pelajaran ini ditiadakan untuk siswa SD karena untuk memberi waktu kepada para siswa dalam memperkuat kemampuan bahasa Indonesia sebelum mempelajari bahasa asing.

"SD tidak ada pendidikan Bahasa Inggris karena Bahasa Indonesia saja belum ngerti. Sekarang ada anak TK saja les Bahasa Inggris. Kalau bahasa kasarnya, itu haram hukumnya. Kasihan anak-anak," kata Musliar, di Park Hotel, Jakarta, Rabu (10/10/2012).

Ia menegaskan bahwa aturan ini harus diikuti oleh semua sekolah. Namun, jika ada sekolah yang menjadikan mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai mata pelajaran tambahan, itu merupakan persoalan lain dan akan dipertimbangkan lagi.

"Sekolah harus ikuti ini kalau dijadikan tambahan itu persoalan lain. Akan tetapi, untuk sekolah negeri, jelas tidak boleh," ujar Musliar.

Untuk sekolah internasional yang umumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, pihaknya belum melakukan kajian mendalam. Namun, kurikulum baru ini tetap akan dirumuskan dan untuk sekolah internasional akan diatur belakangan.

"Kurikulum tetap kami buat, tetapi untuk internasional akan kita atur belakangan. Yang jelas mereka harus ikuti ketentuan kurikulum kita, enggak boleh lepas," tandasnya.

Seperti diketahui, kurikulum untuk siswa SD akan dipadatkan hanya enam mata pelajaran, yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya, dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Namun, ini baru disepakati untuk siswa kelas 1-3 saja, sedangkan kelas 4-6 masih didiskusikan lagi.

Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/2012/10/11/11404612/Bahasa.Inggris.Akan.Dihapus.dari.Kurikulum.SD


5 komentar:

  1. Personally, saya kurang setuju jk bahasa inggris dihapus dari kurikulum SD. Mungkin karena alasan rencana penghapusan itu sendiri, terdengar seperti, "mengurangi makan karena kurang beras, tanpa terlintas di pikiran untuk menambah lahan pertanian"...

    Apapun itu, semoga menjadi keputusan terbaik...Happy Blogging Pak!

    ReplyDelete
  2. @Iskaruji dot com : Hhaha, perumpamaan yang tepat sekali. Kebijakan berat sebelah, seperti "menyuruh rakyat miskin mengurangi makan, justru yang kaya masih tetap boros dan membuang-buang beras....."
    Bayangkan, standar nilai disamaratakan dengan adanya Ujian Nasional, namun perlakuan akan proses justru dibeda-bedakan (negeri-swasta)......
    Trims

    ReplyDelete
  3. kalau saya mencermati dari postingan ini, berarti sang pencipta kurikulum semakin ngawur, dunia semakin maju, yg akan kita hadapi adalah dunia globalisasi, justeru bhs inggris harus diperdalam, dasarnya dari SD dulu, kalau pihak pendidikan melarang, mau di apakan generasi dan negara kita sobat. ini namanya konyol bukan semakin maju
    dunia pendidikan seharusnya dipegang oleh org yg kompeten.karena pendidikan sangat penting.

    ReplyDelete
  4. penghapusan pelajaran bahasa inggris di sd sudah lama saya harapkan. pengurangan beban pelajaran bagi siswa baik sd maupun tingkat di atasnya akan lebih baik. dengan demikian anak akan memiliki banyak kesempatan untuk berkreasi dengan enjoy tanpa ada pemerkosaan waktu, tenaga, pikiran, dll.
    tapi, ingaaat... setelah ini harus dipikirkan langkah yang lebih jitu

    ReplyDelete
  5. ok penghapusan pelajaran bahasa inggris di sd saya sambut hangat. justru bahasa indonesia yang sudah diperkuat dengan undang-undang no. 24 th. 2009 harus dikukuhkan lebih realitas.bila perlu tolong pak menteri segera memprogramkan pengindonesiaan buku-buku asing yang bermutu dengan gratis biar anak negeri tidak sulit-sulit mencari literatur untuk mengembangkan diri. acungan jempol kanan-kiri

    ReplyDelete

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

Gabung di Facebook