728x90 AdSpace

04 October 2012

Dunia Pendidikan Sedang 'Diserang' Buku-buku Tak Pantas, Salah Siapa?

Dunia Pendidikan Sedang 'Diserang' Buku-buku Tak Pantas, Salah Siapa?--
Saat ini guru sedang dituntut profesionalitasnya seiring dengan pemberian tunjangan sertifikasi. Tapi, apakah guru harus bersuka-cita? Tidak! Tak perlu ditanya mengenai sering terlambatnya tunjangan sertifikasi dicairkan. Masih banyak masalah lain yang dengan begitu, guru menjadi sorotan. Terjadinya tawuran (pelajar) dan kekerasan dalam dunia pendidikan (MOS atau orientasi) sudah sering kita dengar. Sekarang dunia pendidikan juga 'diserang' melalui buku yang lepas dari kontrol.

Berikut beberapa peristiwa di antaranya:

SEPTEMBER 2012: MIYABI.
Dinas Pendidikan Jawa Timur digegerkan oleh munculnya foto Maria Ozawa alias Miyabi di lembar kerja mata pelajaran Bahasa Inggris kelas XI SMP Islam Brawijaya, Mojokerto. Lembar kerja itu disusun oleh musyawarah guru bahasa Inggris SMP yang terdiri dari Sumantri, Moh. Jalil dan Giyono serta ditelaah oleh Muhyidin. Dalam buku itu foto setengah badan Miyabi muncul di halaman 36. Artis seronok itu mengenakan baju putih dengan belahan dada terbuka.
Sebelumnya, konten tak pantas dalam buku LKS juga pernah terjadi di Jakarta. Saat itu kisah Bang Maman dari Kali Pasir yang bercerita tentang perselingkuhan juga muncul di LKS untuk siswa SD.

APRIL 2012: CERITA SI ANGKRI
Cerita ini terdapat dalam LKS mata pelajaran Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta (muatan lokal di DKI Jakarta) halaman 88-91. Dalam LKS tersebut, tertulis kisah mengenai cara mengalahkan musuh menggunakan golok. Bahkan, dalam cerita disebutkan pula cara menjebak musuh menggunakan jasa seorang perempuan cantik.
Disimak dari isi ceritanya, hal semacam ini tidak pantas diberikan kepada siswa di kelas I SD. Ceritanya juga sangat panjang.
LKS ini diterbitkan oleh CV Alam Sakti Persada Global Jakarta Timur. Disebutkan bahwa cerita dalam buku ini sudah berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Kurikulum Muatan Lokal DKI Jakarta Jilid 1 untuk Kelas I SD.

APRIL 2012: CERITA BANG MAMAN DARI KALI PASIR.
Cerita ini terdapat dalam LKS Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta (muatan lokal) yang diedarkan untuk siswa kelas II SD memuat materi tentang "istri simpanan", yaitu pada judul kisah 'Bang Maman dari Kali Pasir'. Materi yang terasa "janggal" untuk anak usia SD tersebut dimuat di halaman 30 dalam buku yang diterbitkan oleh PT MK.

Sumber:
http://id.berita.yahoo.com/gara-gara-miyabi-buku-soal-masuk-anggaran-bos-000711789.html
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/12/16075456/Ketika.Siswa.Dikenalkan.soal.Istri.Simpanan.Golok.dan.Seks.
http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/12/11554522/Kemdikbud.Lepas.Tangan.soal.Materi.Istri.Simpanan.di.LKS

Foto: Kompas
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Dunia Pendidikan Sedang 'Diserang' Buku-buku Tak Pantas, Salah Siapa? Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi