728x90 AdSpace

01 August 2012

Tokoh Protagonis Sepakbola Indonesia | Pemain ISL Akhirnya Gabung Timnas

Tokoh Protagonis Sepakbola Indonesia | Pemain ISL Akhirnya Gabung Timnas--
Dalam sebuah cerita terdapat tokoh protagonis dan antagonis. Tokoh protagonis adalah tokoh yang disukai pembaca/penonton karena memiliki sifat yang baik. Tokoh antagonis adalah tokoh yang memiliki sifat jahat/ tidak baik sehingga tidak disukai. Tokoh ini merupakan tokoh yang selalu menghalang-halangi dan berbuat jahat pada tokoh protagonis.
Di sepakbola nasional, kita juga memiliki tokoh itu. Tokoh protagonisnya telah kita temukan juga sebelumnya (Trio Papua).
Di lain pihak, kita berdoa semoga pengurus PSSI, KPSI, dan klub segera menghapus sifat egois mereka dan kembali ke jalan yang benar....

Tiga pemain senior yang bermain di kompetisi Indonesian Super League (ISL) akhirnya mengikuti latihan tim nasional.
Ponaryo, Bambang Pamungkas dan Firman Utina mengikuti latihan timnas di Lapangan C Senayan, Selasa (31/7/2012) sore, bersama 13 pemain lain yang berasal dari klub-klub IPL, dipimpin oleh pelatih Nil Maizar dan asistennya, Fabio Olivera.
Mereka berlatih ringan selama kurang lebih satu jam sampai menjelang adzan maghrib. Agenda terdekat timnas adalah menghadapi klub Spanyol, Valencia, di Stadion Gelora Bung Karno pada Sabtu (4/8) mendatang.

Keterlibatan ketiga pemain tersebut boleh dibilang mengejutkan, karena selama konflik dua kompetisi, pemain-pemain klub ISL selalu tidak memenuhi panggilan timnas. Salah satu penyebabnya adalah mereka tidak diizinkan oleh klub-klub mereka, yang berafiliasi ke Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI).
Setidaknya yang mereka lakukan itu memiliki alasan:
1. Demi kepentingan nasional.
2. Untuk menunjukkan bahwa di tengah konflik di PSSI, pemain masih punya niat baik.
3. Pemain tidak berpihak dari manapun.
(Akankah pengurus bersikap sama?)

"Kami tahu akan ada pro dan kontra. Semua ini titik awal untuk membenahi situasi sekarang. Kami tahu konsekuensinya pasti ada. Tapi yang kami pikirkan sekarang adalah membela Merah Putih," kata Ponaryo, gelandang klub Sriwijaya FC yang juga presiden Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI).

Ponaryo juga berharap apa yang mereka lakukan hari ini juga menginspirasikan pemain-pemain lain yang bermain di ISL untuk lebih mementingkan kepentingan nasional.
"Kehadiran kami di sini bisa dibilang fokus satu tujuan: Merah Putih. Semua pihak kami harapkan mengerti Kalau tidak dimulai sekarang, kapan lagi?"

Pemain lainnya, Bambang Pamungkas menegaskan bahwa semua pemain ingin mengenakan jersey Merah Putih, dan ia menunjukkan itu dengan memenuhi panggilan timnas dan ikut berlatih sore ini.

Bersama dua pemain senior lain yang bermain di Indonesian Super League (ISL), Ponaryo Astaman dan Firman Utina, Bambang hadir di Lapangan C Senayan dan mengikuti latihan bersama timnas.

Beberapa pemain lain yang berpartisipasi antara lain Patrich Wanggai, Titus Bonay, Bima Sakti, Abdul Rahman, Syamsul Arif, Wahyu Trinugroho, Vendry Mofu, Hengky Ardiles, dan Hamdi Ramdan.
Selama satu jam lebih, mereka tampak antusias namun rileks dalam melakoni latihan tersebut. Semua pemain yang berjumlah 16, terlihat menikmati sesi tersebut dan akrab satu sama lain.
"Semua pemain ingin bela Merah Putih," ujar Bepe kepada wartawan seusai latihan, Selasa (31/7/2012), yang berakhir menjelang adzan maghrib.

Saat ditanya wartawan, apakah kehadiran dan keterlibatan mereka dalam latihan timnas ini akan berlanjut sampai program persiapan menghadapi turnamen Piala AFF 2012, Ponaryo menjawab: "Mudah-mudahan saja."
"Kami datang bukan karena lawannya siapa. Tapi ini bentuk wujud persatuan kita. Mudah-mudahan ini akan terus berlanjut sampai Piala AFF," sambung Bepe.

Pelatih Tim Nasional Senior Nilmaizar mengatakan, sebagian pemain ISL yang dipanggil masih ada yang belum datang.
"Pemain yang lain seperti, Zulkifli Syukur dan Ahmad Bustomi akan menyusul besok," tutur Nilmaizar saat ditemui sebelum latihan Tim Nasional Senior di Lapangan Timnas, Senayan, Jakartan, Selasa (31/7/2012).
Berikut 16 pemain Tim Nasional yang telah hadir di hari pertama latihan: untuk laga versus Valencia: Wahyu Tri Nugroho, Bambang Pamungkas, Titus Bonai, Patrich Wanggai, Ferdinan Sinaga, Firman Utina, Ponaryo Astaman, Oktovianus Maniani, Vendry Mofu, Samsul Arif, Bima Sakti, Handi Ramdhan, Abdul Rahman, Wahyu Wijiastanto, Hengki Ardiles, Novan Setya Sasongko.

Pada Sabtu (4/8) mendatang timnas akan menghadapi Valencia FC di Stadion Gelora Bung Karno. Setelah itu, ada lima agenda laga ujicoba lain yang akan dijalani skuad “Garuda” sebelum ke Piala AFF, yakni melawan Korea Utara, Espanyol B, Korea Utara, Filipina, dan Vietnam (home and away).

Sumber-sumber:
1. Detiknews
2. Tribunnews
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Tokoh Protagonis Sepakbola Indonesia | Pemain ISL Akhirnya Gabung Timnas Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi