728x90 AdSpace

29 August 2012

Menentukan Hal-hal yang dapat Diteladani dari Kutipan Buku Biografi | Profil Arthur Irawan

Menentukan Hal-hal yang dapat Diteladani dari Kutipan Buku Biografi | Profil Arthur Irawan--
Biografi adalah tulisan tentang perjalanan hidup tokoh-tokoh terkenal. Selain biografi, kita juga mengenal istilah Otobiografi. Keduanya sama saja, merupakan tulisan tentang perjalanan hidup seseorang. Perbedaannya adalah: Biografi ditulis oleh orang lain sedangkan Otobiografi ditulis oleh yang bersangkutan (maksudnya, kisah hidup tersebut ditulis oleh si tokoh itu sendiri).
Dalam materi (KD) menentukan hal-hal yang dapat diteladani dari kutipan buku biografi, kalian akan belajar dari tokoh mengenai hal-hal yang patut diteladani dan menyimpulkan keunggulan tokoh tersebut.
Selain kegiatan pembelajaran menentukan hal-hal yang dapat diteladani dari kutipan buku biografi (yang dibaca) ini, kalian juga akan melakukan kegiatan berbicara yaitu menceritakan tokoh idola.

ARTHUR IRAWAN MERETAS JALAN BERLAGA DI KLUB EROPA
Jalan panjang harus ditempuh oleh Gelandang muda berbakat asal Indonesia, Arthur Irawan, dalam mencari klub di Eropa, yang akhirnya membuat dia memutuskan untuk bermain di klub Espanyol.
Petualangan Pria kelahiran Surabaya 3 Maret 1993 itu dimulai ketika dia pindah ke Inggris empat tahun lalu dari sebuah akademi sepakbola di Jakarta.
“Sebelum saya pindah ke Inggris, saya bermain untuk sebuah akademi di Jakarta yang memiliki hubungan dengan Manchester United. Setiap tahun, tim pemantu dari MU akan datang ke Indonesia dan memilih beberapa anak-anak untuk berlatih di Inggris,” kata Arthur Irawan seperti dilansir dari The New Paper.
Arthur Irawan mengaku, di sana dia bermain dalam beberapa laga uji coba dan salah satu tim pemantau United menyukai gaya permainannya.
“Jadi dia mengundang saya untuk berlatih di Inggris. MU melihat potensi yang ada dan ingin merekrut saya untuk tim akademi. Begitu juga dengan klub Divisi satu Liga Inggris Preston North End, tetapi keduanya tidak terjadi karena masalah izin kerja,” tuturnya.
Namun, langkah besar Arthur Irawan tidak berhenti sampai di sana, karena kemudian dia bertemu dengan Paul Hodgetts yang di kemudian hari menjadi agennya. Hodgetts yang membawa Arthur ke Spanyol dan menjalani beberapa kali trial, termasuk Espanyol.
Pesepakbola berusia 19 tahun itu tampil 20 kali di tim junior Espanyol dengan meraih prestasi menjadi juara liga dan mencapai final Piala Catalunya. Sebagai hadiah atas kontribusinya, Arthur dipromosikan ke Tim B Espanyol pada bulan Juli. Promosi itu membuatnya menjadi pemain termuda di tim cadangan. Ia pun lantas menandatangani kontrak berdurasi empat tahun dengan klub Liga Premier Spanyol itu.

Debut Arthur bersama Espanyol B ketika mereka menaklukkan Taradell dengan skor 3-1 dalam laga uji coba pramusim, Senin (30/7).
Pertandingan tersebut, yang juga menjadi laga uji coba pertama Espanyol,B mengakhiri pemusatan latihan satu pekan penuh di desa Pyrenees di wilayah Ribes de Freser.
Arthur Irawan, yang baru dipromosikan ke Espanyol B dari Juvenile (tim remaja), melakoni debutnya sebagai bek kanan selama 45 menit babak pertama, sebelum seluruh skuad diganti pada babak kedua.
Pertandingan berakhir dengan skor 3-1, Taradell mencetak gol terlebih dahulu melalui Gerard, namun Espanyol berhasil membalikkan kedudukan melalui gol-gol yang dicetak oleh Victor Romero (dua gol) dan Aitor.

Setelah mendapatkan pujian usai tampil selama 45 menit ketika mengalahkan Taradell 3-1, pemuda kelahiran Surabaya itu disiapkan untuk menghadapi tim Segunda B Reus Deportiu dalam laga persahabatan, Kamis (2/8).
“Saya sempat gugup ketika memulai laga melawan Taradell. Kemudian saya mulai bisa menyatu dengan permainan, dan menikmatinya. Kapten tim reserve Fran Miranda bilang, saya pantas merasa bangga dengan performa saya,” ujar Arthur.
“Saya sadar sudah membuat langkah besar, datang dari tim remaja ke reserve. Tapi saya merasa bisa mengatasinya dengan baik di beberapa pekan pertama.”
“Setelah satu pekan berlatih intensif di Pyrenees, sekarang kami kembali ke Barcelona, dan bersiap untuk menghadapi pertandingan persahabatan melawan Reus pada Kamis.”
“Mereka berada di divisi yang sama dengan kami. Itu akan menjadi ujian yang bagus.”
Espanyol B akan memulai kiprah mereka di liga pada akhir Agustus.

Arthur Irawan juga memendam hasrat untuk bisa bermain membela timnas senior ndonesia. Ia mengaku mendapat panggilan dari PSSI untuk bermain di AFF Suzuki Cup 2012. Namun, dia belum bisa memastikan apakah bisa memenuhi panggilan tersebut dan membela timnas Indonesia, sebab dia harus menunggu keputusan dari klub.
“Apabila klub saya memperbolehkan maka saya akan bermain untuk timnas Indonesia, setiap orang memiliki impian bermain membela negaranya,”kata Arthur Irawan seperti dilansir dari situs The New Paper.
ooOOoo

Keunggulan tokoh di atas adalah menjadi pemain termuda di tim cadangan Espanyol B.
Hal yang patut diteladani dari tokoh di atas adalah rajin dan ulet berlatih serta tak gentar terhadap segala rintangan
.
Tentu, kalian dapat menentukan keunggulan dan hal-hal yang patut diteladani lainnya dari tokoh Arthur Irawan tersebut.

Diolah dari sumber-sumber:
http://www.tribunnews.com/2012/08/26/arthur-irawan-jalannya-panjang-sebelum-ke-espanyol
http://www.tribunnews.com/2012/07/31/debut-di-espanyol-b-arthur-irawan-jadi-pemain-inti
http://www.tribunnews.com/2012/07/31/dipuji-kapten-arthur-irawan-berharap-tampil-reguler
http://www.tribunnews.com/2012/08/26/gelandang-espanyol-b-ingin-gabung-tim-garuda
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Menentukan Hal-hal yang dapat Diteladani dari Kutipan Buku Biografi | Profil Arthur Irawan Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi