728x90 AdSpace

29 July 2012

Tutorial Cara Login dan Menjawab Soal UKG (Uji Kompetensi Guru) Online 2012

Tutorial Cara Login dan Menjawab Soal UKG (Uji Kompetensi Guru) Online 2012-- UKG (Uji Kompetensi Guru) akan dilaksanakan secara online besok Senin (30 Juli 2012) untuk guru SMP. Software pelaksana dirancang khusus untuk mengakomodasi seluruh peserta uji termasuk yang belum pernah pakai komputer (gaptek) sekalipun. Kesalahan yang mungkin terjadi akibat salah tekan mouse atau salah tekan keyboard 99% tidak akan terjadi karena fungsi keyboard dan mouse telah diminimalisasi. Pada saat ujian berlangsung, tombol keyboard yang berfungsi hanya 5 tombol, yaitu: tanda +, -, angka 0, spasi, dan backspace.
Software juga dilengkapi dengan tombol penting yg tercantum di layar.

Berikut langkah-langkahnya:
1. Kita harus login dulu dengan Nomor Peserta dan NUPTK.
2. Jika sudah diisi, klik 'Login' (Jika ada kesalahan, akan ada pemberitahuan di layar).
3. Setelah berhasil login, kita akan masuk pada menu Pilih Mata Pelajaran.
Pada sistem online ini, kita hanya disiapkan satu mata ujian untuk mata pelajaran yang tertera di sertifikat pendidik. Jika terjadi perbedaan mata pelajaran yang diampu dengan mata ujian, itu berarti terjadi kesalahan inisialisasi dari awal. Oleh karena itu kita juga membawa fotokopi sertifikat pendidik dan NUPTK untuk membantu kelancaran ber-UKG).
4. Jika tak ada masalah lagi, akan muncul informasi nama Mata Ujian yang telah kta pilih dan durasi waktu.
Lanjutkan dengan meng-klik tombol "Ikut Ujian" yang tertera di layar.
5. Konfirmasi sekali lagi tombol "Ikut Ujian" jika sudah benar-benar sesuai dengan mata pelajaran dan jenjang pendidikan (SMP misalnya) yang tertera di sertifikat pendidik kita.
6. Item soal selanjutnya ada di layar. Setiap halaman hanya berisi satu unit soal lengkap dengan pilihan jawaban A, B, C, dan D.
Kita dapat memilih jawaban dg dua cara:
- Menggunakan mouse, yaitu dengan meng-klik kiri pilihan jawaban A, B, C, atau D.
- Menggunakan keyboard, yaitu menekan huruf A, B, C, atau D.
Pilihan jawaban akan memberi reaksi perubahan warna biru menjadi merah.
Pastikan jangan salah memilih karena antara pilihan jawaban A, B, C,dan D, tidak terdapat spasi. Bisa saja kita salah meng-klik, meng-klik B padahal seharusnya A atau C, dan meng-klik C padahal seharusnya B.

Catatan: Pada saat ujian berlangsung, sistem akan merekam jawaban secara otomatis setiap 4-5 menit sehingga jika terjadi lampu padam, proses dapat dilanjutkan tanpa merugikan peserta..

Khawatir ada soal yang belum terjawab? Di layar tersedia pula navigasi Soal yang memberitahukan hal itu, nomor soal berwarna merah berarti belum dijawab dan bila berwarna biru berarti soal sudah dijawab di layar.
Jika sudah pasti merasa yakin dan menjawab benar seluruh soal, klik ikon "telapak tangan" untuk mengakhiri.

Demikian, posting ini bersumber dari buku panduan "Materi TOT Uji Kompetensi Guru (UKG) Online". Selamat ber-UKG, semoga sukses.
Terima kasih


Uji Kompetensi Guru terdiri atas dua kompetensi yang dinilai:
1. Kompetensi Pedagogik
2. Kompetensi Profesional
(Silakan klik)

Format soal:
30 butir soal Kompetensi Pedagogik,
70 butir soal Kompetensi Profesional
Jumlah 100 soal (waktu: 120 menit)

Video Tutorialnya:
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Tutorial Cara Login dan Menjawab Soal UKG (Uji Kompetensi Guru) Online 2012 Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi