Home » » Lulus Sekolah, Tetaplah Introspeksi

Lulus Sekolah, Tetaplah Introspeksi

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 11 June 2012

Artikel Terbaru:
Lulus Sekolah, Tetaplah Introspeksi-- Kelulusan menempuh jenjang studi, bukanlah hal yang sepele karena berkaitan dengan masa depan kita. Apalagi, bagi kalian yang lulus jenjang studi setingkat SMA yang berarti kalian harus segera menentukan langkah apakah akan melanjutkan studi ataukah akan memilih langsung mencari pekerjaan. Kita boleh berbangga dan bahagia atas kelulusan itu. Kita juga boleh merayakan keberhasilan itu tetapi dengan batas-batas tertentu dan tentunya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Kita tidak boleh larut dalam pesta keberhasilan tersebut. Karena langkah ke depan jauh lebih berarti dibanding dengan yang telah kita lewati.

Pengumuman kelulusan hanyalah salah satu fase dari jenjang studi (juga jenjang kehidupan) yang memang patut kita syukuri. Akan tetapi, justru dengan rasa syukur itu kita harus introspeksi. Akan ke manakah kita setelah ini? Apakah kita mampu menjalani pilihan yang akan kita ambil? Dan langkah-langkah apakah yang harus ditempuh dengan pilhan tersebut?

Semua itu harus kita pikirkan masak-masak. Kita harus memperhitungkan kemampuan, baik kemampuan berpikir maupun kemampuan finansial. Semuanya tidak boleh karena keterpaksaan, sehingga kelak tidak terjerumus dengan pilihan tadi dan tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Oleh karena itu, dengan kelulusan tidak tepat apabila dalam mengekspresikan kegembiraan dalam kelulusan dilakukan dengan hura-hura melalui kovoi yang dapat mengganggu lalu lintas. Atau, dengan pesta-pora yang merugikan diri kita. Apalagi sampai pesta sabu dan pesta s*ks (pergaulan bebas).

Momentum kelulusan selain harus kita syukuri, sekaligus juga kita jadikan untuk koreksi diri. Jadi, introspeksilah agar tidak salah langkah di kemudian hari.


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara