728x90 AdSpace

11 June 2012

Lulus Sekolah, Tetaplah Introspeksi

Lulus Sekolah, Tetaplah Introspeksi-- Kelulusan menempuh jenjang studi, bukanlah hal yang sepele karena berkaitan dengan masa depan kita. Apalagi, bagi kalian yang lulus jenjang studi setingkat SMA yang berarti kalian harus segera menentukan langkah apakah akan melanjutkan studi ataukah akan memilih langsung mencari pekerjaan. Kita boleh berbangga dan bahagia atas kelulusan itu. Kita juga boleh merayakan keberhasilan itu tetapi dengan batas-batas tertentu dan tentunya sesuai dengan kemampuan masing-masing. Kita tidak boleh larut dalam pesta keberhasilan tersebut. Karena langkah ke depan jauh lebih berarti dibanding dengan yang telah kita lewati.

Pengumuman kelulusan hanyalah salah satu fase dari jenjang studi (juga jenjang kehidupan) yang memang patut kita syukuri. Akan tetapi, justru dengan rasa syukur itu kita harus introspeksi. Akan ke manakah kita setelah ini? Apakah kita mampu menjalani pilihan yang akan kita ambil? Dan langkah-langkah apakah yang harus ditempuh dengan pilhan tersebut?

Semua itu harus kita pikirkan masak-masak. Kita harus memperhitungkan kemampuan, baik kemampuan berpikir maupun kemampuan finansial. Semuanya tidak boleh karena keterpaksaan, sehingga kelak tidak terjerumus dengan pilihan tadi dan tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Oleh karena itu, dengan kelulusan tidak tepat apabila dalam mengekspresikan kegembiraan dalam kelulusan dilakukan dengan hura-hura melalui kovoi yang dapat mengganggu lalu lintas. Atau, dengan pesta-pora yang merugikan diri kita. Apalagi sampai pesta sabu dan pesta s*ks (pergaulan bebas).

Momentum kelulusan selain harus kita syukuri, sekaligus juga kita jadikan untuk koreksi diri. Jadi, introspeksilah agar tidak salah langkah di kemudian hari.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Lulus Sekolah, Tetaplah Introspeksi Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi