728x90 AdSpace

14 June 2012

Lulus Kejujuran, Cerita Tersisa dari Gelaran Ujian Nasional

Lulus Kejujuran, Cerita Tersisa dari Gelaran Ujian Nasional--
Teman-temanku biasa memanggilku Mona. Nama panjangku adalah Monalisa. Sekolah besar telah kumasuki hingga ujian pun harus kuhadapi. Berbagai upaya kucoba tempuh agar lulus. Aku dikenal guru dan teman-temanku sebagai seorang yang kurang dalam hal pelajaran.

Tibalah saat ujian kuhadapi. Setiap soal kujawab dengan cermat. Aku gelisah ketika banyak soal yang tidak bisa kujawab dengan yakin. Kepala mulai pusing, tangan gemetar. Teman sebelah kanan dan kiriku memandang, seolah mereka tahu akan kesulitanku. Mereka pun menawariku beberapa jawaban.

Aku bingung, idealisme dan kesulitan ini seolah menghimpitku. Akankah aku tanggalkan idealismeku hanya karena ini?
Di tengah kebingunganku, muncul tekadku bahwa aku harus tetap bertahan pada hasil kerjaku sendiri hingga waktu mengerjakan soal ujian pun berakhir.

Tibalah saat pengumuman. Tiap siswa mendapat amplop berisi pengumuman "lulus/tidak lulus". Sebagian besar siswa datang bersama orangtuanya dengan gembira namun aku pulang dan kuberikan amplop itu pada orangtuaku. Setelah dibuka, tampak wajah orangtuaku muram tanpa senyum. Aku menduga ada yang kurang menyenangkan. Ternyata benar, aku "tidak lulus". Aku tidak terkejut dengan hasil itu.

Orangtuaku tampak kecewa. "Mengapa kamu tidak berupaya minta jawaban dari temanmu?"
Aku menjawab, "Ibu, ayah. JIka aku menerima jawaban temanku maka berarti aku berbuat curang. Aku lulus bukan karena hasilku sendiri."
Mendengar jawaban itu, orangtuaku terdiam dan akhirnya memelukku.

Keesokan harinya, orangtuaku dipanggil oleh kepala sekolah untuk mengomunikasikan ketidaklulusanku.
Orantuaku tidak menuntut sekolah bahkan bangga terhadap diriku karena sekolah telah membentukku menjadi seorang yang ingin berhasil dengan usahaku sendiri, bukan dari pemberian orang lain atau karena curang. Alhamdulillah, aku telah lulus dalam menghadapi ujian ini yaitu lulus KEJUJURAN.

Sumber: Kualita Pendidikan Indonesia
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

Item Reviewed: Lulus Kejujuran, Cerita Tersisa dari Gelaran Ujian Nasional Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi