Korupedia, Portal Dokumentasi Para Koruptor

Artikel Terbaru:
Korupedia, Portal Dokumentasi Para Koruptor-- Korupsi di Indonesia memang sangat parah. Para pemimpin dan wakil rakyat (oknum tertentu) seolah sibuk dan berlomba-lomba mencari kekayaan untuk dirinya sendiri. Mereka seolah lupa janji-janji yang pernah diucapkan sewaktu kampanye.
Dikutip dari inilah.com, terciptanya situs www.korupedia.org merupakan jawaban atas keprihatinan itu. Ensiklopedia Korupsi Indonesia ini resmi diluncurkan di Jakarta. Penggagasnya adalah para penggiat antikorupsi dari Transparency International dan Indonesia Corruption Watch (ICW) bersama sejumlah redaktur media nasional dan aktivis media sosial. 
Adapun sumber data dari portal ini berasal dari putusan pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Dengan begitu, dapat diketahui profil koruptor dan uraian perbuatan yang dilakukan sesuai dengan apa yang dituduhkan kepadanya. 


Menurut Sekretaris Jenderal Transparency International, Teten Masduki, peluncuran korupedia.org dilatarbelakangi ketidakefektifan sanksi sosial yang diberikan kepada mereka yang telah diputus melakukan korupsi secara tetap oleh lembaga peradilan, baik Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi, ataupun Mahkamah Agung. 
"Media online lebih murah dan juga sangat mudah diakses oleh masyarakat umum," kata Teten menjelaskan alasan penggunaan media online. Teten berharap portal ini dapat menjadi rujukan bagi masyarakat dalam melawan korupsi. Khususnya mendorong akselerasi penyelesaian sejumlah kasus korupsi yang macet di tangan penegak hukum. 


Sumber: Inilah.com
URL: http://teknologi.inilah.com/read/detail/1871627/korupedia-eksiklopedia-koruptor-indonesia
Artikel Terbaru Mapel Lainnya: