Home » » Inilah Alasan Mengapa Masuk PTN Lewat Jalur Mandiri Lebih Mahal

Inilah Alasan Mengapa Masuk PTN Lewat Jalur Mandiri Lebih Mahal

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 20 June 2012

Artikel Terbaru:
Inilah Alasan Mengapa Masuk PTN Lewat Jalur Mandiri Lebih Mahal-- Buat kalan yang hendak masuk ke Perguruan Tinggi, ada tiga jalur: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri jalur undangan dan jalur tulis, serta jalur penerimaan secara mandiri.
Namun, jika masuk lewat jalur mandiri untuk calon mahasiswa baru lebih mahal dibandingkan jalur masuk lainnya. Ini dikarenakan adanya penerapan subsidi silang.

Dikutip dari Republika, menurut Rektor Universitas Diponegoro Semarang, Prof Sudharto P Hadi, sistem subsidi silang merupakan langkah untuk membantu kalangan mahasiswa miskin dengan menerapkan subsidi biaya dari kalangan mahasiswa yang mampu, antara lain dijaring dari penerimaan mahasiswa jalur mandiri tersebut.
"Karena itu, biaya masuk dari jalur mandiri memang lebih mahal dibandingkan melalui SNMPTN karena pembiayaan mereka itu nantinya untuk subsidi silang bagi mahasiswa yang kurang beruntung secara ekonomi," kata dia lagi.

Meski demikian, ujar dia, pembiayaan jalur mandiri yang lebih mahal dibandingkan jalur masuk lain juga tak terlalu besar selisihnya, apalagi pada tahun ini biaya kuliah seluruh fakultas rata-rata menjadi menurun.
Sudharto yang juga dikenal sebagai pakar ilmu lingkungan itu mencontohkan, Fakultas Kedokteran Undip dengan biaya masuk sekitar Rp 120 juta setiap mahasiswa, mengalami penurunan dibandingkan biaya tahun lalu yang masih di atas angka itu. "Boleh dicek. Biaya sebesar itu untuk Fakultas Kedokteran Undip dari jalur mandiri masih di bawah biaya untuk fakultas sama di PTN-PTN lainnya. Apalagi, untuk fakultas sama di perguruan tinggi swasta," kata dia lagi.

Ia membenarkan bahwa jalur mandiri itu tak hanya diisi oleh mahasiswa dari kalangan mampu, mengingat ada pula mahasiswa dari keluarga miskin yang masuk jalur tersebut sehingga tetap ada pengecualian tersendiri.
"Pada jalur mandiri, kami juga tetap menyediakan kuota penerima beasiswa 'Bidik Misi', meski kuotanya tak sebesar jalur SNMPTN. Karena itu, mahasiswa yang kurang mampu tak perlu khawatir dengan biaya," kata dia.

Dia menyebutkan pula bahwa Undip pada tahun lalu mengakses beasiswa untuk 1.670 mahasiswa kurang mampu, dari total daya tampung sekitar 8.000 mahasiswa, dan pada tahun ini jumlah mahasiswa miskin yang dibantu kurang lebih sama jumlahnya. "Perguruan tinggi negeri wajib menyediakan kuota 20 persen untuk mahasiswa miskin. Alhamdulillah, kuota yang ditetapkan berhasil kami penuhi tahun lalu, demikian pula dengan kuota mahasiswa miskin tahun ini," kata Sudharto.

Referen: Republika
URL: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/06/19/m5uo0w-ini-dia-alasan-jalur-mandiri-ptn-lebih-mahal


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara
Blog ini dijual (This web for sale)
Estimated worth
• Rp 50.807.728 •