Home » » Di Bali, Tradisi Mendongeng Makin Ditinggalkan

Di Bali, Tradisi Mendongeng Makin Ditinggalkan

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 08 June 2012

Artikel Terbaru:
Di Bali, Tradisi Mendongeng Makin Ditinggalkan-- Dalam kurikulum, materi pelajaran B.Indonesia sudah memuat KD Mendongeng. Di SMP, materi Mendongeng itu terdapat di kelas VII (Tujuh). Begitu pula dalam pelajaran B.Inggris, terdapat materi Story Telling. Dalam kegiatan ini, siswa dituntut mampu menceritakan secara lisan di depan kelas dongeng yang pernah dibaca atau didengarnya. Nah, berita yang Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu kutip ini justru kontraproduktif. Tradisi itu sudah mulai ditinggalkan.
Berikut kutipannya:

DENPASAR, KOMPAS.com--Tradisi mendongeng yang menjadi sarana komunikasi antara orang tua dengan anak di Bali kian ditinggalkan, kata Made Taro, seorang pendongeng dan pelestari permainan tradisional di Pulau Dewata.
Menurut dia saat ini para orang tua tidak lagi memiliki waktu mendongeng untuk anak-anaknya karena kesibukan memenuhi kebutuhan hidup dan gaya berpikir yang praktis. Bahkan, hingga di lingkungan masyarakat perdesaan, kebiasaan mendongeng nampak sudah sangat berkurang.

Padahal, dengan mendongeng, orang tua dapat memberikan bekal pendidikan dan budi pekerti pada anak-anaknya, serta mengakrabkan hubungan diantara mereka.
"Dalam dongeng, sesungguhnya mengandung makna kasih sayang, mencintai sesama, dan menghargai orang yang lebih tua," ujar Made Taro yang sejak tahun 1979 membuka sanggar yang mengajarkan permainan tradisional sekaligus mendongeng.
Ia mengharapkan para orang tua selalu meluangkan waktu setidaknya lima menit sehari untuk mendongeng. Namun, ujarnya, tidak semua dongeng tradisional baik bagi pendidikan moral dan karakter anak-anak.

Meski kian ditinggalkan, Taro berharap tradisi itu dapat dihidupkan kembali. Ia melihat kebiasaan mendongeng itu hidup di kalangan terpelajar dan mengapresiasinya.
"Mereka sudah memahami bahwa tradisi mendongeng itu dapat mengakrabkan hubungan orang tua dengan anaknya dan membekali pendidikan budi pekerti," katanya saat menjadi pembicara pada seminar bertajuk "Tradisi Mendongeng Di Abad 21" di Kampus Fakultas Sastra Universitas Udayana.

Sumber: Kompas (http://oase.kompas.com/read/2012/06/08/17541494/Tradisi.Mendongeng.di.Bali.Kian.Ditinggalkan)


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara
Blog ini dijual (This web for sale)
Estimated worth
• Rp 50.807.728 •