728x90 AdSpace

02 May 2012

Soal UN SD Hanya Satu Jenis (Satu Paket)

Soal UN SD Hanya Satu Jenis (Satu Paket)-- SEMARANG, suaramerdeka.com - Pelaksanaan ujian nasional (UN) jenjang SD/SDLB/MI pada 7-9 Mei 2012 mendatang, hanya memakai satu paket soal. Kondisi ini berbeda dengan UN jenjang SMA dan SMP yang menggunakan lima paket soal.
Ketua Panitia Penyelenggara UN Jawa Tengah Kartono mengatakan, jumlah paket soal UN yang disediakan untuk dikerjakan oleh peserta didik SD sederajat ini sudah sesuai prosedur operasi standar (POS) UN. Di samping itu, meski hanya satu jenis soal sangat kecil kemungkinan bagi siswa SD untuk melakukan kecurangan saat melaksanakan ujian.
"Soal UN SD disusun berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Yang terdiri dari 25 persen soal disusun oleh panitia penyelenggara tingkat pusat dan 75 persen ditetapkan panitia provinsi berdasarkan kisi-kisi dari BSNP,'' jelasnya, Selasa (1/5).

Selain penyusunan soal UN SD sederajat, pihak panitia UN provinsi juga mendapat kewenangan untuk menggandakan dan mendistribusikan soal tersebut. "Distribusi soal UN SD ke dinas pendidikan kota/kabupaten akan dilakukan mulai 4 Mei 2012 pukul 00.00," ungkap Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah ini.
Adapun, pelaksanaan UN SD akan diselenggarakan selama tiga hari dan mengujikan tiga mata pelajaran. Di antaranya, Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Adapun, mengenai prosedur pelaksanaan UN SD lainnya, untuk proses pemindaian lembar jawab akan dilakukan oleh panitia penyelenggara kota/kabupaten dengan software yang ditetapkan Puspendik. Dan, skoring atau penilaian hasil pemindaian akan dilaksanakan pihak provinsi. Kartono menambahkan, pada UN SD sederajat tahun 2012 ini di Jateng akan diikuti 604.410 peserta didik.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Soal UN SD Hanya Satu Jenis (Satu Paket) Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi