728x90 AdSpace

20 May 2012

Pendaftar SNMPTN Jalur Tulis Tembus 203.570

Pendaftar SNMPTN Jalur Tulis Tembus 203.570-- JAKARTA - Proses pendaftaran masuk kampus negeri melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis terus dikebut. Meskipun saat ini libur long weekend pendaftaran tetap dilayani. Laporan terakhir pendaftar ujian tulis ini mencapai 203.570 orang.

Ketua panitia pusat SNMPTN Akhmaloka melalui SMS yang dia kirim langsung dari Belarusia tadi malam menjelaskan, sampai saat ini pendaftaran SNMPTN jalur tulis belum mendapatkan hambatan signifikan. "Secara umum pendaftaran berjalan lancar. Perangkat kami juga berjalan normal," jelas pria yang juga rektor ITB itu.
Akhmaloka berharap, kondisi positif ini berjalan terus sampai pendaftaran SNMPTN jalur tulis ditutup pada 31 Mei pukul 22.00 WIB mendatang. Meski sampai saat ini panitia penerima pendaftaran belum mendapatkan ganggung, panitia masih khawatir terjadi penumpukan pendaftaran.

Kasus ini berpeluang muncul ketika pemerintah sudah mengumumkan kelulusan ujian nasional (unas) tingkat SMA/sederajat pada 24 Mei mendatang. Akhamaloka mengatakan, pendaftar yang sudah apply dokumen pendaftaran saat ini dimungkinkan dari lulusan 2011 dan 2010.
Sedangkan prosentase pendaftar siswa yang lulus SMA tahun ini masih kecil. "Kalaupun ada yang sudah mendaftar, dia sudah yakin lulus unas," jelas Akhmaloka.

Kecenderungan siswa lulusan 2012 untuk mendaftar sebelum pengumuman unas memang diprediksi masih kecil. Sebab, biaya pendaftaran sebesar Rp 150 ribu (kelompok IPA atau IPS) dan Rp 175 ribu (kelompok IPC) tidak bisa dikembalikan lagi seandainya si pendaftar dinyatakan tidak lulus unas.

Melalui kecenderungan ini, Akhmaloka mengatakan panitia sudah mengantisipasi penumpukan pendaftar SNMPTN jalur ujian tulis. Penumpukan pendaftar ini diperkirakan terjadi antara tanggal 24 Mei sampai 31 Mei. Supaya tidak terjadi penumpukan, Akhmaloka berharap bagi siswa lulusan 2010 dan 2011 harus secepatnya mendaftar.

Sementara bagi lulusan unas 2012, harus segera mendaftar ketika hasil unas sudah diumumkan. "Jangan menunggu sampai mepet-mepet penutupan," kata dia. Banyak kerugian jika mendaftar mendekati masa penutupan pendaftaran. Diantaranya, pendaftar dan panitia tidak memiliki waktu lagi untuk memperbaiki kemungkinan kesalahan saat pengisian dokumen pendaftaran yang dilakukan secara online.

Sementara itu, Akhmaloka juga memaparkan rincian rekapitulasi pendaftar SNMPTN jalur ujian tulis yang dilakukan melalui Bank Mandiri. Untuk SNMPTN jalur ujian tulis sampai 17 Mei tercatat sebanyak 203.570 orang. Rinciannya 3.300 pendaftar melalui Internet Banking, 14.835 (ATM), 324 (SMS Banking), dan 185.11 (kantor cabang). (wan)

Kutipan dari: jpnn.com
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments

0 komentar:

Post a Comment

Silakan ambil manfaat dan jika ada pertanyaan, silakan tulis di form komentar.
Terima kasih atas komentar yang sopan dan menyejukkan.

Item Reviewed: Pendaftar SNMPTN Jalur Tulis Tembus 203.570 Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi