728x90 AdSpace

06 May 2012

Menyusun Laporan Hasil Wawancara

Menyusun Laporan Hasil Wawancara-- Dari sudut jurnalistik, wawancara merupakan salah satu cara mencari bahan laporan paling menarik dan mengasyikkan. Pembaca mungkin berpikir bahwa wawancara menuntut kecakapan dan keterampilan yang tinggi serta kualitas tertentu dari pewawancara.

Hal-hal yang harus diperhatikan agar tulisan hasil wawancara menarik bagi para pembaca
1. Kata-kata yang diucapkan narasumber hendaknya ditulis apa adanya. Hal ini akan membuat cerita tersebut hidup. Seolah-olah narasumber langsung bercerita pada setiap pembaca. Keterangan mengenai keadaan sekitar narasumber membantu pembaca untuk melihat narasumber ketika diwawancarai.
2. Kejadian-kejadian, keterangan-keterangan, dan pendapatpendapat yang diberikan narasumber mempunyai bobot terhadap tulisan, namun usahakanlah agar lebih jeli dalam penyampaiannya.
3. Wawancara menjadi efektif jika tujuan pewawancara jelas, yaitu untuk memberi informasi, hiburan, bimbingan praktis, atau laporan.
4. Penyajian hasil wawancara sebenarnya tergantung pada pewancara, bisa berupa narasi, dialog, esai, deskripsi, dan sebagainya.

Berikut contoh laporan hasil wawancara:
Contoh 1: laporan hasil wawancara dengan penyajian narasi.
Contoh 2: laporan hasil wawancara dengan penyajian dialog.
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Menyusun Laporan Hasil Wawancara Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi