728x90 AdSpace

04 May 2012

ICW Tuntut Kunci Jawaban UN SMP/MTS Dibuka

ICW Tuntut Kunci Jawaban UN SMP/MTS Dibuka-- JAKARTA--MICOM: ICW meminta kunci jawaban Ujian Nasional SMP/MTs tahun 2012 dibuka untuk mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Selain itu ICW juga akan melaporkan bukti baru bocoran kunci jawaban UN SMP/MTS tahun 2012 untuk soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Demikian dikemukakan Kordinator Divisi Monitoring Publik ICW Febri Hendri di Jakarta, Kamis (3/5), seusai beraudiensi dengan posko pengaduan UN Kemendikbud.

Menurut Febri, dari bukti kunci jawaban UN tahun 2012 yang ICW dapatkan dapat dilihat bagaimana kebocoran ini merupakan kesalahan yang terstruktur. Hal ini terbukti karena kunci jawaban yang ada tercetak rapi dengan ketikan dan sudah disebarkan sebelum hari ujian mata pelajaran tersebut berlangsung.

Terkait masalah ini, ICW akan mengajukan permintaan salinan informasi publik berupa kunci jawaban soal UN Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs tahun 2012 pada Kemendikbud.
Selain itu, Febri menyatakan ICW juga meminta salinan kunci jawaban soal UN Bahasa Inggris dan IPA SMP/MTs tahun 2012 untuk kode soal IPA A51, B63, C75, D36, dan E48.

ICW memandang bahwa kunci jawaban itu adalah informasi publik dengan alasan, pertama UN SMP/MTs 2012 telah berakhir pada tanggal 26 April 2012. Dan kedua, belum ada satu pun pasal undang-undang yang menyatakan bahwa kunci jawaban UN Matematika SMP/MTs 2012 adalah rahasia negara atau informasi yang dikecualikan menurut UU No 14 Tahun 2008 tentang KIP (Keterbukaan Informasi Publik).

Febri menegaskan ICW mengharapkan pemerintah dapat menghargai kejujuran seseorang yang menjadi pelapor dan saksi dalam membuka kecurangan dan kebocoran UN. Perlindungan saksi merupakan hal yang sangat penting, karena dari pengalaman sebelumnya, saksi yang membuka kecurangan UN seringkali didiskriminasi. “Karena itu ICW meminta pemerintah dapat memberikan tawaran perlindungan saksi yang jelas dalam pengungkapan kasus kecurangan dan kebocoran Ujian Nasional tahun 2012," tandasnya.

Sebelumnya ICW telah melaporkan dugaan kebocoran dan kecurangan UN Matematika untuk kode soal A69, B71, C86, D45, dan E57 pada Kemendikbud hari Jumat tanggal 27 April 2012. Dalam laporan tersebut juga dilampirkan bukti kebocoran dan kecurangan UN, namun sampai dengan hari Rabu (2/5), pihak Kemendikbud maupun BNSP ternyata belum juga memenuhi permintaan tersebut. Syarat agar ICW menyertakan lokasi dan saksi yang menyaksikan kebocoran tidak disertai dengan tawaran perlindungan yang memadai.

Kunci jawaban B.Indonesia tak diminta, berarti tak bocor?
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: ICW Tuntut Kunci Jawaban UN SMP/MTS Dibuka Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi