Home » » Tahun Ini tak Ada Naskah Cadangan Soal UN

Tahun Ini tak Ada Naskah Cadangan Soal UN

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 07 April 2012

Artikel Terbaru:
Tahun Ini tak Ada Naskah Cadangan Soal UN-- REPUBLIKA.CO.ID - Tahun ini tak hanya ujian ulang yang ditiadakan, pasalnya cadangan naskah soal ujian nasional (UN) pun tidak disediakan. Banyaknya naskah soal disesuaikan dengan jumlah peserta didik yang mengikuti ujian.

Hal ini dilakukan guna mengurangi risiko kebocoran soal ujian. "Kalau terjadi kekurangan naskah soal ujian, bisa dicarikan ke sekolah lain," ujar anggota Badan Standar Nasional Pendidikan, Mungin Eddy Wibowo, saat ditemui usai rapat kerja pendidikan se-Jawa Tengah menuju UN yang jujur dan berprestasi 2012 di komplek Gubernuran Jateng, Rabu (28/3).

Jika sekolah lain juga tak memiliki naskah, maka bisa dicari ke tingkat kabupaten/kota. "Jika tidak memungkinkan, maka difotokopi, tapi harus disaksikan oleh panitia dan pengawas ujian," katanya. Dengan begini, Mungin optimis tidak akan terjadi kebocoran soal.

Bagi peserta ujian yang belum menerima naskah soal pada saat ujian, maka akan diberi tambahan waktu. Pasalnya hal ini merupakan kesalahan panitia pelaksana ujian sehingga jangan sampai siswa yang dirugikan.

Dirinya mengimbau para siswa yang akan menghadapi ujian nasional untuk dapat memahami materi dengan baik, percaya diri dengan apa yang sudah dipelajari. "Jangan terpengaruh hal-hal yang justru merumuskan, misalnya isu bocoran soal yang beredar," imbuhnya.

Siswa diharap tenang dan jangan cemas dengan menganggap ujian nasional adalah hal menakutkan. Mungin menyebut di sinilah peran guru untuk memberikan sistem pembelajaran yang baik agar siswa percaya diri. Hal ini bisa ditempuh dengan melaksanakan ujian harian, semesteran, atau rajin memberi latihan soal.


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara
Blog ini dijual (This web for sale)
Estimated worth
• Rp 50.807.728 •