728x90 AdSpace

23 April 2012

Penggunaan Tanda Baca Koma dalam Pemerian | Data, Fakta, dan Catatan Rekor Hasil El Clasico 22 April 2012

Penggunaan Tanda Baca Koma dalam Pemerian | Data, Fakta, dan Catatan Rekor Hasil El Clasico 22 April 2012--
Dalam sebuah pemerian, kita sering menggunakan kata sambung 'dan'. Yang menjadi masalah terkadang adalah pengunaan tanda baca koma, sering salah meletakkannya. Tanda baca koma dapat dipakai jika pemeriannya lebih dari dua dan penggunaan tanda bacanya diletakkan sebelum 'dan'.

Untuk jelasnya, perhatikan pemerian dan tanda baca koma pada contoh di bawah ini:
Data dan Fakta Rekor Hasil El Clasico 22 April 2012 (Benar)
Data, Fakta, dan Catatan Rekor Hasil El Clasico 22 April 2012 (Benar)
Data, Fakta dan Catatan Rekor Hasil El Clasico 22 April 2012 (Salah)
El Clasico yang menyedot perhatian itu, usai sudah. Madrid memenangi pertandingan dengan skor 2-1. Gol pertama dicetak Sami Khedira ketika pertandingan berjalan 17 menit. Gol balasan Barca dicetak Alexis Sanchez di menit ke-69. Gol penentu kemenangan Madrid dilesakkan Cristiano Ronaldo pada menit ke-73.


TAG FOTO KAMU

TAG FOTO KAMU

TAG FOTO KAMU

TAG FOTO KAMU
Dari hasil pertandingan itu, inlah catatan rekor kedua tim:
  1. Messi gagal membuat gol di empat laga terakhir El Clasico, sedangkan Ronaldo kini telah mencetak empat gol dalam lima Clasico terakhir. Dari jumlah tersebut, tiga di antaranya malah dia ciptakan di Camp Nou.
  2. Cuma dua kemenangan yang diraih Real Madrid atas Barcelona dalam empat tahun terakhir.
  3. Sejak Barca ditangani Pep Guardiola musim panas 2008, mereka berhasil menang sembilan kali dari 14 kali pertemuan. Sisanya berakhir seri empat kali dan hanya sekali Madrid menang yakni 1-0 di final Copa del Rey musim lalu.
  4. Kemenangan kedua Madrid atas Barca asuhan Pep serta yang pertama untuk Jose Mourinho selama mengunjungi Camp Nou.
  5. Tahun lalu di Mestalla Stadium, Ronaldo mencetak gol tunggal yang membawa pulang trofi Copa Del Rey. Pada laga dinihari tadi pesepakbola asal Portugal itu mencetak gol kedua yang memberikan raihan tiga poin untuk Madrid.
  6. Gol ke-42 Ronaldo yang menjadikannya topskorer sementara La Liga musim ini serta yang ke-54 pemain 27 tahun itu musim ini, yang memecahkannya rekornya musim lalu dengan 53 gol.
  7. Hasil tersebut sudah mengakhiri laju Barca yang tidak terkalahkan dalam 34 partai kandang di La Liga Primera (31 kemenangan dan 3 hasil imbang). Sebelum ini, tim La Liga terakhir yang bisa mengalahkan Barca di Camp Nou adalah Hercules pada 11 September 2010 lalu.
  8. Madrid turut menyudahi laju Barca yang sebelumnya juga tidak terkalahkan di dalam 54 pertandingan kandang pada laga-laga resminya di seluruh kompetisi.
  9. Raihan poin penuh yang membuat Madrid kini memiliki 88 poin, unggul tujuh angka dari Barca peringkat kedua. Dengan La Liga tinggal menyisakan empat pekan lagi, maka boleh dibilang Madrid tinggal selangkah lagi menuju titel juara.

Diolah dari berita-berita Detik.com
Foto: Detik  
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Penggunaan Tanda Baca Koma dalam Pemerian | Data, Fakta, dan Catatan Rekor Hasil El Clasico 22 April 2012 Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi