728x90 AdSpace

25 February 2012

Curhat: Ajang Starbol, Super Menghibur Tapi Hambar

Curhat: Ajang Starbol, Super Menghibur Tapi Hambar---
Akhir bulan ini, sepakbola Indonesia sedikit melupakan kisruh kepentingan di sebuah wadah bernama PSSI. Miris memang, sangat paradoks dengan apa yang berusaha pihak 'luar' (swasta) lakukan untuk dapat melupakan (kisruh) itu.

    Adalah sebuah ajang bertajuk "Starbol" yang telah melakukannya. Kita dapat saksikan bagaimana begitu menghibur acara yang dikemas. Dari coacing clinic, hingga talkshow. Siapa sangka, ternyata Denilson begitu pintar menirukan tari Jaipong dan bagaimana takjubnya para tamu (Cannavaro, Pires, Djalminha, dan Denilson) di talkshow Gol Gol Starbol yang ditayangkan RCTI siang tadi, melihat kemunculan Sodikin "Si Ronaldikin", Ronaldinho Indonesia. Kontan para tamu langsung minta berfoto bersama, malah berulang kali.

    Berikut foto dari akun Twitter Cannavaro @FabioCanna17:

    Ajang Starbol adalah sebuah even sepakbola yang dipromotori oleh Morstar Indonesia. Tahun 2012 ini mereka mendatangkan Fabio Cannavaro, Robert Pires, Edgar Davids, Marco Materazzi, Djalminha, dan Denilson.

    Malam ini, mereka akan merumput bersama bintang-bintang sepakbola Indonesia. Sayang seribu sayang, karena konflik antar pengurus PSSI dan Klub, ajang ini tak bisa dimanfaatkan untuk menambah jam terbang para punggawa timnas sebagaimana ketika Gabungan Timnas Senior dan U-23 melawan LA Galaxy tempo hari. Kurang greget tentu. Sayang sekali....

    Di lain pihak, Timnas U-21 juga sedang bertanding atas nama bangsa (atas nama PSSI?) di Turnamen Hasanal Bolkiah Trophy (HBT) 2012, juga tak tampil penuh dengan pemain terbaik gara-gara label ilegal dari PSSI buat pemain yang berlaga di breakaway league (Tadi malam, Timnas U-21 memang mampu menang 2-0 atas Laos).

    Kisruh berkepanjangan ini, yang dirugikan adalah pemain, insan sepakbola, dan tentu sepakbola Indonesia itu sendiri. Kepatuhan pada regulasi FIFA dan AFC memang sebuah keharusan. Tapi, hentikanlah segera kisruh itu dan bersatulah para pengurus bola!!!!

    Berbeda dengan Starbol tahun lalu (dengan bintang tamu Giovani Van Bronckhorst) yang berkonsep sepak bola pada umumnya, kali ini Starbol dikemas dengan konsep Showbol, permainan sepakbola indoor enam lawan enam. Kabarnya (selain enam bintang dunia tersebut), ada 18 pemain yang beruntung berpartisipasi atas pilihan panitia Starbol 2012, di antaranya adalah: Alex Vrteski, Ponaryo Astaman, Bima Sakti, Kurniawan DJ., Kim Jeffrey Kurniawan, Amaral, Firman Utina, dan Hamka Hamzah. Ke-18 pemain itu dipilih tanpa memandang apakah pemain tersebut bermain di Indonesia Premier League (IPL) ataupun di Indonesia Super League (ISL). Mereka rencananya akan dipisah menjadi dua tim, yakni European and Friends dan Samba and Friends.

    Showbol dimainkan di atas lapangan dengan ukuran 42 x 22 meter. Umumnya pertandingan digelar 2 x 30 menit. Tapi ada juga membuatnya 4 x 15 menit. Tak ada batasan pergantian pemain dan aturan bola keluar. Sementara aturan sisanya mirip seperti futsal.

    Foto: Google dan Tribunnews.com
    Thanks to: Iskaruji dot com
    • Facebook Comments
    • Blogger Comments
    Item Reviewed: Curhat: Ajang Starbol, Super Menghibur Tapi Hambar Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi