Home » , » Contoh Cara Mengubah Prosa Menjadi Naskah Drama

Contoh Cara Mengubah Prosa Menjadi Naskah Drama

Oleh PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JARI KAMU 11 February 2012

Artikel Terbaru:
Contoh Cara Mengubah Prosa Menjadi Naskah Drama---
Simaklah cuplikan prosa berbentuk cerpen yang berjudul Kamar Nomor 13, karya Suryani berikut ini:
Ah, kamu jangan terlalu percaya, deh, yang namanya angka sial! Yang ada tuh cuma perasaan pengecut kamu aja.

Kata-kata itu yang selalu muncul di hatiku, setiap kali melewati kamar 13. Aku seorang pelajar yang kos di kota besar ini. Dan sangat mengherankan, ternyata di kota yang sudah maju ini masih menyimpan orang-orang yang percaya takhayul.

Kamar 13 di tempat kos kami tidak pernah dibuka sekalipun oleh pemiliknya. Dan herannya, teman-teman kos juga jarang mau berlama-lama di depan Kamar 13 itu.

Berbeda dengan aku. Sudah menjadi sifatku, selalu ingin tahu urusan orang lain. Termasuk ingin tahu rahasia Kamar 13. Padahal hal itu sudah dilarang oleh pemilik kos. Saat pulang dari sekolah dan melihat kamar itu, membuatku ingin membukanya.


Sedangkan yang ini merupakan hasil pengubahannya menjadi drama:

KAMAR NOMOR 13
(DRAMA TIGA BABAK)
Dari cerpen yang berjudul Kamar Nomor 13, karya Suryani

Sebuah ruangan terdiri dari beberapa kamar. Cahaya redup. Seorang remaja lewat sambil merenung. Tiba-tiba terdengar suara, yang sebenarnya suara hati remaja itu.

Suara Gaib :"Ah, kamu jangan terlalu percayalah pada yang namanya angka sial. Yang ada itu cuma perasaan pengecut kamu aja. Lihat, tak ada yang aneh, kan?"

Wawan: (Bergumam sendiri) "Ya, benar. Ternyata di kota yang sudah maju seperti ini, masih juga ada orang yang percaya sama takhayul. Heran juga, kenapa Kamar 13 ini, kok, nggak pernah dibuka? Teman-teman juga pada takut, bahkan untuk berdiri di depannya! (Dengan celingak-celinguk, dilangkahkan kakinya ke kamar yang ada labelnya "13". Diputarnya gagang pintu).

Wawan: "Terkunci ! "

Pemilik Kos: (Tiba-tiba muncul dan mernbentak Wawan) "Hai! Sudah kubilang, jangan dekat-dekat kamar itu!"
..........


AAC Alumni Bahasa banjar Baru Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi UN Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara
Blog ini dijual (This web for sale)
Estimated worth
• Rp 50.807.728 •