728x90 AdSpace

21 January 2012

Terjawab Sudah Siapa Pencipta Telepon sebelum Ditemukan Graham Bell

Di arsip terdahulu (di dunia blogger disebut dengan posting), saya menulis tentang Siapa yang Menghilangkan Telepon Sehingga Graham Bell kemudian Menemukannya?. Sebenarnya bukan sekadar joke, tapi memang ada kontroversi terkait penemuan tersebut. Berikut beberapa petikannya yang saya copas dari sumbernya:
Antonio Meucci si Penemu Asli Telepon---

Selama ini, masyarakat dunia secara umum mengenal penemu telepon adalah Alexander Graham Bell, karena sejarah mencatat dan mengabarkannya demikian. Akan tetapi kini, sepertinya sejarah harus ditulis ulang. Karena telah terbukti penemu telepon yang sebenarnya adalah seorang imigran dari Firenze (Florence), Italia, yang bernama Antonio Meucci. Sebab dialah yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849, dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871.
Namun, disebabkan tak cukup uang untuk membayar paten telepon, ia hanya membayar paten sementara yang berlaku untuk setahun dan harus diperpanjang pada tahun selanjutnya.

Meucci mencoba untuk mendemonstrasikan potensi "telegraf berbicara" ini serta membawa model dan segala keterangannya pada Wakil Ketua Perusahaan Telegraf Western Union, Edward B.Grant. Namun kemudian, setiap kali Meucci hendak menemuinya, wakil ketua ini selalu mengatakan bahwa dia tak ada waktu. Dua tahun kemudian, saat Meucci meminta kembali semua materi telepon dari perusahaan tersebut, ternyata mereka hanya mengatakan telah "hilang".

Lalu tiba-tiba, pada tahun 1876, Alexander Graham Bell menyandang nama sebagai penemu telepon. Mengetahui hal ini, Meucci segera memanggil seorang pengacara untuk memprotes pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington. Namun Meucci mengalami kekalahan untuk kasus ini. Belakangan, kebusukan terungkap, setelah adanya permusuhan antara Alexander Graham Bell dengan Western Union. Tersingkap rahasia bahwa Bell sebelumnya telah menyetujui membayar duapuluh persen keuntungan komersil atas "penemuannya" selama 17 tahun kepada Western Union.

Lebih dari seabad dan di seluruh penjuru dunia, Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon. Tetapi pada tanggal 11 Juni 2002 di kongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon. Namun sayang, Antonio Meucci tak bisa turut bahagia oleh keputusan itu, karena dia sudah wafat lebih seabad silam, pada tanggal 18 Oktober 1889 dalam usia 81 tahun.

Sebuah buku baru (gambar samping), mengklaim memiliki bukti kejahatan yang dilakukan oleh Alexander Graham Bell pun diluncurkan. Dalam buku berjudul "The Telephone Gambit: Chasing Alexander Graham Bell's Secret" itu, sang penulis, Seth Sulman, mengatakan bahwa Bell telah mencontek ide tersebut dari sebuah dokumen hak paten yang menjadi milik Gray (Nah, siapa lagi tuh si Gray? Silakan baca di link sumber. Hhehe)
Dalam buku tersebut, Bell juga diklaim sebagai pengacara yang ambisius dan berpengalaman mengorup hak paten orang lain.

Sekarang, sudah diketahui kan siapa yang 'menciptakan' telepon sebelum 'ditemukan' oleh Graham Bell? Wkwkwk

Link sumber: DI SINI
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Terjawab Sudah Siapa Pencipta Telepon sebelum Ditemukan Graham Bell Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi