SOAL | Menentukan Sudut Pandang Pengarang

Artikel Terbaru:
Sudut pandang adalah posisi pengarang dalam menceritakan tokoh dalam cerita, apakah menjadikan dirinya sebagai tokoh di dalam cerita atau berada di luar cerita dengan menggunakan tokoh lain sebagai tokoh cerita yang dibuatnya. Jika pengarang menjadikan dirinya sebagai tokoh dalam cerita, maka pengarang menggunakan sudut pandang orang pertama (akuan). Jika pengarang menjadikan dirinya sebagai orang di luar cerita dalam arti menggunakan tokoh lain (biasanya nama), maka pengarang menggunakan sudut pandang orang kedua atau orang ketiga (diaan).

1. Suamiku itu kadung jadi pejuang, dan aku selalu menahan diri untuk tidak mengusut keperjuangannya. Aku berusaha percaya padanya, apapun yang diceritakannya padaku. Walaupun sering kutemukan hal-hal ganjil yang tak perlu aku tanyakan.
Sudut pandang pengarang dalam penggalan novel tersebut adalah…
a. Orang pertama pelaku sampingan
b. Orang kedua pelaku utama
c. Orang ketiga di luar cerita
d. Orang pertama pelaku utama

2. Pada suatu hari kakek dan nenek bersiap-siap berangkat ke hutan. Nenek tak lupa membawa bekal untuk makan siang di hutan. Ketika sudah tiba di hutan mereka melihat anak burung merpati menggelapar di tanah, rupanya anak burung itu terjatuh dari pohon.
“Aduh,kasihan sekali anak burung ini........” kata nenek sambil mengangkat merpati itu. Ia meletakkan burung itu di bekal makanan dengan hati – hati. ”Kita rawat saja ya kek........” ujar nenek. Kakek Chan mengangguk setuju.
Sudut pandang pengarang dalam penggalan novel terjemahan tersebut adalah…
a. Orang pertama pelaku sampingan
b. Orang kedua pelaku utama
c. Orang ketiga di luar cerita
d. Orang pertama pelaku utama

3. Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Pertandingan catur antarkelas di sekolah kami berakhir dengan Yudi sebagai juara pertama, Burhan juara kedua, dan aku juara ketiga. Sambil menimang-nimang pialanya, Yudi tertawa riang.
Sudut pandang yang digunakan dalam penggalan cerpen di atas adalah . . . .
a. orang pertama pelaku sampingan
b. orang kedua pelaku sampingan
c. orang pertama pelaku utama
d. orang kedua pelaku utama

4. ....
Kebetulan sekali aku bebas pada jam pelajaran pertama dan kedua sehingga aku punya waktu untuk menolong dia mencari-cari di segala pematang yang pernah dilaluinya. Lama-lama tidak juga tertemui benda-benda itu. Kulihat mukanya, diam tanpa perubahan, tetapi kukira hatinya penuh ketakutan pada orang tuanya. Setelah mondar-mandir lagi beberapa lamanya, akhirnya aku pasti bawa benda-benda itu telah dipungut orang. Kepastian itu membuat aku lebih kasihan padanya, betapalah ia dimarahi orang tuanya jika ketahuan.
(Dari: Mutiara di Tengah Sawah karya Gerson Poyk, dalam angkatan 66 H.B. Yassin)

Pada penggalan cerpen di atas, pengarang mempergunakan sudut pandang sebagai ...
a. orang pertama
b. orang kedua
c. orang ketiga
d. pengarang serba tahu

5. Aku terlalu sombong dan angkuh aku menghendaki manusia sempurna/ sedangkan manusia hanya dapat berikhtiar dan berusaha untuk menjadi sempurna. Kini aku sadar kemanusiaan hanya dapat dibina dengan mencintai dan bukan membenci sudah saja hendak merusak manusia lain, tetapi pertama kali merusak dirinya sendiri .....
Harimau-harimau karya Moehtar Lubis
Dalam kutipan novel di atas, pengarang mempergunakan sudut pandang ...
a. akuan
b. diaan
c. orang kedua
d. orang ketiga

6. Lalu pernah ada seseorang yang memberi tahunya cara menggantung daging di pengait. Totto Chan pun masuk ke ruang olahraga dan latihan mengaitkan salah satu lengannya di palang yang paling tinggi, ia tergantung di sana lama sekali. Ketika seorang guru melihatnya dan bertanya apa yang dilakukannya? Ia berkata ”Hari ini aku jadi sepotong daging” dan tepat ketika itu pegangannnya lepas. Totto Chan jatuh terhempas keras sekali sehingga paru-parunya tersentak dan sepanjang hari itu ia tidak bisa bicara. Belum lagi kejadian ketika tercebur ke bak penampung atau ke bak kotoran.
Sudut pandang pengarang dalam penggalan novel tersebut adalah…
a. akuan
b. diaan
c. orang pertama
d. orang keempat


Kunci: 1).d, 2).c, 3).a, 4).a, 5).a, 5).b
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara