Maaf, Tiga Hari Ini Bapak Tidak Bisa Menemani Kalian Belajar di Kelas

Mohon maaf, mulai hari ini, selama tiga hari ke depan (28-30 November 2011), Bapak masih tidak ada di sekolah menemani kalian belajar di kelas. Hal ini dikarenakan Bapak harus ke Banjarbaru mengikuti pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di Gedung LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan).  


Oleh karena itu, kalian belajar mandiri saja dengan terlebih dahulu menghubungi Pengawas Harian untuk menanyakan Tugas untuk kalian yang Bapak titipkan. Kita akan bertemu kembali hari Kamis, 1 Desember. 


Terima kasih, selamat belajar.......

Turut Berbelasungkawa atas Runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara (Kaltim)

Turut berduka cita atas musibah runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara Sabtu kemarin....

Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan gantung terpanjang di Indonesia, terletak di Kab. Kutai Kartanegara (Kaltim). Bentang bebasnya yang tergantung tanpa penyangga mencapai 270 meter, dari total panjang jembatan yang mencapai 720 meter. Jembatan ini dibangun menyerupai Jembatan Golden Gate yang terdapat di San Fransisco. Jembatan yang menghubungkan Samarinda dan Balikpapan, Kalimantan Timur ini, baru dibangun sekitar tahun 2002.

Pada pertengahan Februari 2011, jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam ini sudah mengalami pergeseran sekitar 15 cm ke arah dalam, sehingga saat itu masyarakat menghawatirkan akan ambruk. Namun saat itu dianggap bahwa pergeseran itu masih dalam batas toleransi sehingga tidak akan ambruk (Republika).
Jembatan Kutai sebelum ambruk

Jembatan yang juga disebut Jembatan Tenggarong itu akhirnya ambruk, Sabtu (26/11) sore, pukul 16.20 WITA. Bagian tengah jembatan runtuh tak terlihat lagi di permukaan air. Hanya tampak dua tiang pancang yang tertinggal. Diberitakan juga bahwa pada waktu kejadian, di badan jembatan megah tersebut sedang dilakukan perbaikan pada bagian tengah sebelah kiri jembatan. Saat kejadian, jembatan sedang ramai aktivitas lalu lalang kendaraan.

Dengan ambruknya jembatan ini, ada jalan alternatif yang bisa dilalui yaitu lewat jalan lama, tapi lebih jauh, karena harus memutar. Kepada Vivanews, kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum mengaku belum mendapatkan informasi mengenai runtuhnya jembatan yang dibangun sejak tahun 2000-an itu. ”Kami sedang mengumpulkan informasi tepatnya bagaimana kasus ini terjadi,” katanya.

Sumber berita: Dirangkum dari berbagai sumber

Berikut Foto-fotonya :








Sumber foto: Google

Galeri Foto | Skuad Indonesia Selection vs LA Galaxy

David Beckham bersama klub Major League Soccer (MLS) LA Galaxy, dipastikan datang di Indonesia pada 29 November 2011 mendatang. Klub asal Amerika tersebut akan menghadapi Indonesia Selection (Gabungan Timnas U-23 dan Senior) pada 30 November 2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Siapa saja pemain yang terpilih, inilah mereka:
Pelatih :

Rahmad Darmawan
Kiper :

Kurnia Meiga (Arema)

Andritany A. (Persija)
Bek :

Diego Michiels (Pelita Jaya)

Abdulrahman (Semen Padang)

Victor Igbonefo (Pelita Jaya)

Hamka Hamzah (Mitra Kukar)

Zulkifli Syukur (Persib)


Gelandang :

Hasyim Kipuw (Persija)

Egi Melgiansyah (Pelita Jaya)

Okto (Persiram Raja Ampat)

Mahadirga Lasut (Mitra Kukar)

Ahmad Bustomi (Mitra Kukar)

Muhammad Ridwan (Sriwijaya FC)

Firman Utina (Sriwijaya FC)


Striker :

Andik Vermansyah. (Persebaya)

Patrick Wanggai (Persidafon)

Titus "Tibo" Bonai (Persipura)

Boas Solossa (Persipura)

Bambang P. (Persija)

Cristian Gonzales (Persisam)

Greg Nwokolo (Pelita Jaya)

Sumber foto: Google
Sumber berita:
http://www.tribunnews.com/2011/11/24/inilah-skuad-indonesia-selection-untuk-melawan-la-galaxy
http://kanalbola.vivanews.com/news/read/267183-ini-skuad-timnas-lawan-beckham-cs

Selama Tiga Hari Ini, Bapak Tak Ada di Sekolah

Berhubung sedang mengikuti pelatihan "Classroom Management" di Gedung Pusat Informasi Tanjung, mulai hari ini, selama tiga hari ke depan (21-23 November 2011 pukul 08.00-16.00 WITA), Bapak tidak ada di sekolah. 
Oleh karena itu, kalian belajar mandiri saja dengan terlebih dahulu menghubungi Pengawas Harian untuk menanyakan Tugas untuk kalian yang Bapak titipkan di sana. 


Terima kasih, selamat belajar dan bersenang-senang.......

Ringkasan | Karya Sastra Daerah dan Asing

1. Karya sastra daerah adalah karya sastra yang muncul dari berbagai daerah, bersifat kedaerahan, baik isi maupun bahasanya. 


Beberapa karya sastra daerah : 
a. Berbentuk puisi: 
    - Parikan: pantun Jawa 
    - Guritan: puisi bebas Jawa 
    - Lagu Doger: pantun Sunda (Jawa Barat) 
    - Panton: pantun Batak 
    - Madihin: pantun Banjar (Kalimantan Selatan) 


b. Bentuk drama: 
    - Ludruk: drama Jawa Timur 
    - Sandiworo: drama Jawa Tengah 
    - Mamanda: drama Banjar (Kalimantan Selatan) 


2. Karya Sastra Asing adalah karya sastra yang sudah mendunia yang dikutip agar dapat kita kenal. 


Beberapa karya sastra asing itu di antaranya: 
- Romeo and Juliet: William Shakespeare (Inggris) 
- Hamlet: William Shakespeare (Inggris) 
- Old Man and The Sea: Ernest Hemingway (Inggris) 
- Ramayana : Walmiki (India) 
- Mahabarata: Wiyasa (India)

Ringkasan | Aliran Sastra yang Dominan Melatari Suatu Angkatan dalam Periodesasi Sastra

Selain memiliki ciri-ciri tertentu, masing-masing angkatan dalam periodesasi satra Indonesia memiliki aliran-aliran sendiri. Aliran tersebut erat hubungannya dengan sejarah bangsa. 


Aliran tersebut adalah: 

  1. Romantis Sentimentil : Angkatan Balai Pustaka 
  2. Romantis Idealis : Angkatan Pujangga Baru 
  3. Ekspresionisme dan Simbolisme : Angkatan ’45 
  4. Realisme : Angkatan ’66 



Bentuk sastra yang paling banyak ditulis pada masa Balai Pustaka adalah roman; Pujangga Baru adalah roman dan novel; Angkatan ’45 adalah cerpen, puisi, kritik, esai; Angkatan ’66 adalah puisi, novel, cerpen.

Ringkasan | Persamaan dan Perbedaan Ringkasan dengan Ikhtisar

          Ringkasan dan ikhtisar memiliki persamaan yaitu sama-sama merupakan penyajian singkat suatu karangan.


Adapun perbedaannya adalah:


  1. Ringkasan menyajikan secara singkat suatu karangan asli dengan tetap mempertahankan urutan isi, sudut pandang, dan perbandingan antar bagian secara proporsional. 
  2. Ikhtisar menyajikan secara singkat suatu karangan asli dengan tidak lagi mempertahankan urutan karangan aslinya, tidak memperhatikan sudut pandang pengarang aslinya, dan tidak memperhatikan perbandingan antar bagian secara proporsional. Ikhtisar lebih memberikan penekanan pada hal yang penting, sedangkan hal yang kurang penting diabaikan.

Perbandingan Tema (Topik) dan Judul Karangan

        Tema (Topik) merupakan masalah, persoalan, gagasan, pikiran, atau ide utama yang dikembangkan dalam tulisan.

Rambu-rambu: 
  1. Tema harus ditentukan sebelum menulis.
  2. Menjiwai seluruh isi tulisan.
  3. Bersifat mengikat, maksudnya isi karangan harus sesuai dengan tema.

         Judul bukan merupakan masalah pokok atau ide karangan. Judul hanya sekadar nama karangan. Istilah lainnya adalah kepala karangan. (Selengkapnya baca di SINI)

Rambu-rambu: 
  1. Judul tidak harus ditentukan sebelum menulis tetapi dapat ditentukan setelah karangan selesai.
  2. Manggambarkan seluruh isi karangan.
  3. Bersifat bebas namun harus berhubungan dengan tema.
  4. Syarat umum sebuah judul adalah: singkat, jelas, menarik, dan membayangkan isi karangan.
  5. Judul tak boleh diakhiri dengan tanda baca.
  6. Judul ditulis dengan mengacu EYD (menggunakan huruf kapital sebagai huruf pertama semua kata, termasuk semua unsur kata ulang sempurna, kecuali kata seperti di, ke, dari, yang, dan, untuk, yang tidak terletak pada posisi awal).
Contoh penulisan judul:
Panduan Menulis Lengkap
Sayekti dan Hanafi
Tips Berpidato yang Efektif
Tips Jalan-jalan di Pantai
Yang Hilang dan yang Terhempas

Fakta dan Opini | Tatap Semifinal, Indonesia Menyimpan Pemain dan Kalah

Berikut adalah fakta dan opini yang diungkapkan setelah pertandingan. Fakta adalah sesuatu yang bersifat benar dan nyata (terjadi), tak terbantahkan lagi. Sedangkan opini merupakan ungkapan yang belum tentu benar, bersifat subyektif (menurut pendapat seseorang).

Yuk, kita simak saja fakta dan opini tersebut:

Pertandingan penutup grup A kontra Malaysia telah digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (17/11/2011) tadi malam pukul 19.00 WITA. Hasilnya, Indonesia kalah 0-1 dari Malaysia. 
Mengapa begitu? Karena pelatih RD lebih memilih menyimpan pemain untuk menghadapi semifinal. Tercatat cuma tiga pemain yang kembali menjadi starter dari laga kontra Thailand beberapa hari lalu yakni Titus Bonai (25), Mahardiga Lasut (6), dan Gunawan Dwi Cahyo (13). 
Selebihnya adalah pemain lapis kedua, mereka adalah: Andritany Ardhiyasa (12), Seftia Hadi (2), Christiantoko Yericho (5), Hendro Siswanto (26), Lucas Mandowen (14), Ramdani Lestaluhu (11), Ferdinand Sinaga (17), Yongki Aribowo (7). 
Pada akhirnya, proses rotasi itu berjalan tak terlalu mulus di babak pertama. Baru di babak kedua Indonesia mampu menciptakan sejumlah peluang. Namun, ketika peluang-peluang itu gagal dikonversikan menjadi gol, maka terbanglah kemenangan ke pihak Malaysia.


"Kita harus mengakui bahwa performa para pemain tidak optimal. Kita harus lebih baik lagi." (Yongki Ariwibowo, pemain lapis kedua Indonesia) Sumber

"Malam ini, kami bermain sangat mengagumkan meski mendapat tekanan dari suporter tuan rumah. Bahkan permainan kami terlihat lebih menonjol. Tapi, memang masih terdapat kekurangan di tim kami. Oleh karena itu, sebagai pelatih, saya perlu memperbaiki permainan anak asuh saya di semifinal demi mempertahankan gelar juara SEA Games. Pada partai semifinal, empat tim merupakan tim kuat. Kami membutuhkan sepakbola indah untuk berusaha mempertahankan juara SEA Games dua tahun lalu." (Ong Kwim See, pelatih Malaysia) Sumber

"Proses rotasi yang harus saya lakukan. Saya pikir, ini resolusi kita untuk menghadapi pertandingan berikutnya. Hari ini Malaysia mampu memanfaatkan peluang bagus dengan baik. Sebuah counter attack yang bagus dari pemain yang baru masuk, nomor 18, dan kita lengah. Mohon maaf ekspektasi mereka tidak bisa dijawab dengan baik. Saya berharap kekalahan ini bukan sebuah pukulan yang membuat jatuh. Saya harap ini sebuah pukulan untuk bangun dan termotivasi. Saya ingatkan bahwa pertandingan ini penting, tapi pertandingan tanggal 19 lebih penting. Semoga pertandingan tanggal 19 bisa menutupi kekecewaan hari ini." (Rahmad Dharmawan, pelatih Indonesia)Sumber


"Kami senang atas hasil yang diraih karena berhasil menaklukkan tim tuan rumah Indonesia dengan skor tipis 1-0. Namun, kekuatan Malaysia belum teruji, karena Indonesia hanya menurunkan tim keduanya. Mungkin hasilnya akan berbeda jika Indonesia bermain dengan tim utama. Namun, secara keseluruhan, kami mampu bermain sangat disiplin dan menunjukkan permainan atraktif meski dihujani hujatan puluhan ribu suporter fanatik Indonesia." (Bakhtiar Baddrol, Kapten timnas U-23 Malaysia) Sumber

HASIL PERTANDINGAN TIMNAS U-23 INDONESIA GRUP A SEA GAMES 2011:
Indonesia 6-0 Kamboja
Indonesia 2-0 Singapura
Indonesia 3-1 Thailand
Indonesia 0-1 Malaysia

Sumber : Detiksport, Tribunnews, Bolaindo.
Sumber gambar background Garuda: Google

Ulangan Akhir Semester (UAS) Bersama SMP/MTs Kab. Tabalong Sem. Ganjil 11/12

Pertengahan Desember nanti, tepatnya mulai Senin, 12 Desember 2011, kalian akan mengikuti Ulangan Umum semester Ganjil. Menurut jadwal, mata pelajaran B.Indonesia akan diujikan pada hari Senin, 12 Desember 2011, pukul 08.00-09.30 WITA.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, UAS Semester Ganjil tahun inipun dilaksanakan secara bersama se-Kabupaten Tabalong. Pengadaan soal dilakukan oleh forum MGMP yang ada. Untuk soal B.Indonesia, dibuat oleh forum MGMP B.Indonesia SMP/MTs Kab.Tabalong. Untuk itu, kalian perlu belajar giat mulai sekarang karena soal yang akan kalian kerjakan itu tidak hanya berasal dari guru di sekolahmu tetapi juga soal yang dibuat oleh guru dari sekolah lain. Tapi, tak perlu khawatir, kalian masih bisa belajar melalui Kisi-kisi soal yang disediakan; dan Bapak bagikan di sini khusus untuk kalian (resminya, kisi-kisi baru diberitahukan oleh guru di sekolahmu mulai awal Desember).

Soal yang akan kalian kerjakan nanti bentuknya ujian tertulis, maka kompetensi yang diuji hanya aspek membaca dan menulis saja. Sedangkan aspek keterampilan lisan, yaitu mendengarkan dan berbicara, tidak diujikan secara tertulis, melainkan ujian praktik. Bentuk soal terdiri atas 40 butir Pilihan Ganda dan 5 butir Soal Essay (Uraian).

Untuk sekadar diketahui, jumlah dan bentuk soal ini berdasarkan keputusan K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) Kab. Tabalong.

Oke, untuk kisi-kisi soal, kalian bisa klik tautan di bawah ini:
1. KISI-KISI SOAL UAS KELAS VII
2. KISI-KISI SOAL UAS KELAS VIII
3. KISI-KISI SOAL UAS KELAS IX

SELAMAT BELAJAR, SEMOGA SUKSES....

Chord Gitar | Musikalisasi Puisi SEPISAUPI (Sutardji C. Bahri)

Chord Gitar | Musikalisasi Puisi SEPISAUPI (Sutardji C. Bahri)---
         Musikalisasi puisi adalah menyajikan (mendeklamasikan) puisi dengan diiringi instrumen musik ataupun menyajikan puisi yang dilakukan dengan menyanyikannya (menggunakan notasi lagu, baik ciptaan sendiri atau memakai notasi lagu yang sudah tenar). Menggunakan notasi lagu tak boleh sembarangan, namun harus disesuaikan dengan nada, suasana, dan isi puisi yang hendak dimusikalisasi. Lagu yang digunakan dalam puisi ini senada dengan contoh musikalisasi puisi DOA yang lebih slow (lambat), namun berbeda dengan musikalisasi puisi Aku yang lebih cepat. Ada juga versi lain seperti yang pernah ditunjukkan oleh siswa saya ketika memusikalisasi puisi Doa dengan menggunakan lagu "Untukmu Selamanya" dari Band Ungu dan puisi Aku dengan menggunakan lagu "Hidupku Kan Damaikan Hatimu" dari Caffein (Lihat video-nya klik "Doa" dan "Aku").

Berikut musikalisasi puisi Sepisaupi dengan notasi lagu "Semua Tak Sama" dari Padi Band.

         Berikut contoh chord gitarnya:
Sepisaupi Karya: Sutardji Calzoum Bahri
C            Am               Em
Sepisau luka sepisau duri
            G                        C
Sepikul dosa sepukau sepi
C               Am              Em
Sepisau duka serisau diri
              G                         C    Am    Em    G
Sepisau sepi sepisau nyanyi


C         Am            Em
Sepisaupa sepisaupi
           G                        C
Sepisapanya sepikau sepi
C            Am         Em
Sepisaupa sepisaupi
            G                      C
Sepikul diri keranjang duri

REFF:
C      Am              Em
Sepisaupa sepisaupi
         G                 C
Sepisaupa sepisaupi
C          Am           Em
Sepisaupa sepisaupi
            G                                 C
sampai pisaunya ke dalam nyanyi

Dengan tiga buah contoh chord gitar dari tiga puisi ini, rasanya sudah cukup sebagai bahan referensi kamu untuk dapat memahami bagaimana memusikalisasi puisi lainnya sesuai dengan nada, suasana, dan isi puisinya. Berasa 'kan indah puisinya? So, pasti......

Kisi-kisi UAS Kelas IX Semester Ganjil TP 2011/2012

Pertengahan Desember nanti, kalian akan mengikuti UAS semester Ganjil. Karena bentuknya ujian tertulis, maka kompetensi yang diuji hanya aspek membaca dan menulis saja. Sedangkan aspek keterampilan lisan, yaitu mendengarkan dan berbicara, tidak diujikan secara tertulis, melainkan ujian praktik.

Kisi-kisi Soal UAS Kelas VII, klik di SINI
Kisi-kisi Soal UAS Kelas VIII, klik di SINI

1.SKL Membaca
Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita, iklan baris, ensiklopedi), berbagai karya sastra berbentuk cerpen.
1.1 Membedakan fakta dan opini dalam iklan baris
1.2 Mendata fakta dan opini yang ada dalam teks iklan
1.3 Membaca memindai indeks buku
1.4 Menentukan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku yang diresensi
1.5 Menemukan tema dan pesan syair berdasarkan inti pengungkapan syair
1.6 Menentukan suasana puisi
1.7 Menentukan lagu yang sesuai untuk puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun
1.8 Menentukan tema, latar, dan karakter tokoh dalam cerpen
1.9 Menemukan nilai-nilai kehidupan yang positif maupun negatif dalam kumpulan cerpen
1.10 Menentukan konflik dan alur cerita

2. SKL Menulis
Menulis dan menyunting karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk iklan baris, resensi, dan menulis karya sastra cerpen.
2.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat dan jelas
2.2 Menyunting iklan baris
2.3 Menulis dan menyunting resensi dengan mengidentifikasi bentuk fisik dan isi buku, merangkum, menunjukkan kelebihan serta kekurangannya, serta menentukan pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku yang diresensi
2.4 Menemukan dan memperbaiki kesalahan ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana
2.5 Menulis dan menyunting cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami

Selamat belajar....

Kisi-kisi UAS Kelas VIII Semester Ganjil TP 2011/2012

Pertengahan Desember nanti, kalian akan mengikuti UAS semester Ganjil. Karena bentuknya ujian tertulis, maka kompetensi yang diuji hanya aspek membaca dan menulis saja. Sedangkan aspek keterampilan lisan, yaitu mendengarkan dan berbicara, tidak diujikan secara tertulis, melainkan ujian praktik.

Kisi-kisi Soal UAS Kelas VII, klik di SINI
Kisi-kisi Soal UAS Kelas IX, klik di SINI

1.SKL Membaca
Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita, peta, denah), berbagai karya sastra berbentuk novel dan drama.
1.1 Membaca memindai buku telepon/indeks
1.2 Menunjukkan arah mata angin dalam denah Contoh Soal
1.3 Memberikan penjelasan arah ke tempat yang dituju dari tempat yang paling dekat pada denah
1.4 Mendeskripsikan arah yang ditempuh ke tempat yang dituju Contoh Soal
1.5 Menjawab pertanyaan isi bacaan
1.6 Menyimpulkan isi bacaan
1.7 Menentukan sistematika surat dinas
1.8 Mengidentifikasi unsur intrinsik drama Contoh Soal

2. SKL Menulis
Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk surat resmi, laporan, petunjuk, rangkuman, dan menyunting serta menulis karya sastra drama.
1.1 Merangkai pokok-pokok bacaan yang dibaca (menulis rangkuman) Contoh Soal
1.2 Menulis laporan
1.3 Menulis surat dinas dengan bahasa baku
1.4 Menyunting surat dinas Contoh Soal
1.5 Menyusun petunjuk dengan bahasa yang efektif Contoh Soal
1.6 Menyunting bahasa petunjuk
1.7 Membuat sinopsis novel
1.8 Menulis naskah drama sesuai dengan keaslian ide Contoh Soal
1.9 Menulis drama sesuai kaidah penulisan Contoh Soal

Selamat belajar....

Opini Sebelum Laga Timnas U-23 vs Thailand

INDONESIA VS THAILAND di ajang Sea Games 2011
Sesuai dengan jadwal pertandingan sepakbola Sea Games, pertandingan kontra Thailand akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (13/11/2011) petang nanti, pukul 19.30 WITA. Berikut adalah opini yang diungkapkan menjelang pertandingan. Opini merupakan ungkapan yang belum tentu benar, bersifat subyektif (menurut pendapat seseorang).
Yuk, kita simak saja opini tersebut:

Thailand:

Thailand membuka peluang lolos ke babak selanjutnya setelah pada pertandingan kedua melawan Kamboja menang 4-0. Pada pertandingan pertama tim Negeri Gajah Putih itu menyerah dari Malaysia 1-2. Kalah melawan Indonesia membuat peluang mereka akan tertutup. Berikut opini sang manajer, Kasem Jaliyawat Wong:
  1. "Peluang lolos ke putaran final masih terbuka. Makanya kami harus mampu memenangkan pertandingan sisa meski lawan yang dihadapi cukup berat."
  2. "Sejak kalah dari Malaysia kami menargetkan mampu memenangkan pertandingan sisa. Pelan tapi pasti mulai kami raih."
  3. "Indonesia merupakan lawan berat. Tapi kami harus menghadapinya."

Indonesia:

Selaku tuan rumah, Indonesia tidak ingin melewatkan peluang untuk lolos ke semifinal. Jika mampu menang atas Thailand maka Egi Melgiansyah dan kawan-kawan berhak lolos ke babak berikutnya. Berikut opini pelatih timnas U-23, Rahmad Darmawan:
  1. "Dari awal sudah saya katakan bahwa tidak ada lawan yang enteng (ringan). Tapi tidak ada tim yang harus ditakuti. Itu saja yang selalu saya tanamkan."
  2. "Rotasi akan lebih banyak dibandingkan saat menghadapi Singapura. Itu harus kami lakukan karena itu merupakan pertandingan penentuan."
  3. "Materi latihan akan disesuaikan dengan kondisi pemain agar mereka tidak tambah lelah."
  4. "Saat ini istirahat lebih penting dari pada latihan,"
  5. "Mengenai Stevie Bonsapia yang absen pada pertandingan kedua, kondisinya mulai membaik pasca menjalani perawatan akibat asam lambung."
  6. "Thailand bagus dalam permainan kolektifnya, matang dalam ball position, dan pintar dalam mengatur ritme permainan."
  7. "Untuk mengantisipasi permaian mereka caranya anak-anak harus bermain agresif."
(Keterangan: Di pertandingan menghadapi Singapura memang ada beberapa pemain yang tampil di laga pertama diganti oleh pemain lain, seperti Stevie Bonsapia yang memang harus absen akibat sakit dengan Hasim Kipuw, Hendro Siswanto yang digantikan Mahardiga Lasut dan Gunawan Dwi Cahyo digantikan Seftia Hadi. Rotasi pemain tersebut memang sangat dibutuhkan, selain untuk menjaga stamina pemain, juga untuk memberikan pengalaman bertanding di level Internasional, apalagi pemain Garuda Muda ini banyak yang belum pernah tampil di level Internasional, selain itu ada beberapa pemain yang juga belum sama sekali diturunkan, seperti Yericho Cristiantoko, Lukas Mandowen, dan juga Andritany Ardhiyasa.)

SELAMAT BERJUANG PAHLAWAN SEPAKBOLA INDONESIA

Sumber referensi:
1. http://www.bola.net/seagames2011/sepak-bola-thailand-bidik-kemenangan-di-dua-laga-sisa-16ce6c.html
2. http://www.tribunnews.com/2011/11/12/thailand-adalah-tim-yang-komplit-waspadalah 3. http://www.bola.net/seagames2011/hadapi-thailand-rd-akan-rotasi-pemain-2012e1.html

Perbandingan Opini dan Fakta Hasil Pertandingan Timnas Senior dan U-23

TIMNAS SENIOR 0-4 QATAR TIMNAS U-23 2-0 SINGAPURA
Fakta adalah sesuatu yang bersifat benar dan nyata (terjadi), tak terbantahkan lagi. Sedangkan opini merupakan ungkapan yang belum tentu benar, bersifat subyektif (menurut pendapat seseorang).
Yuk, kita bandingkan opini sebelum pertandingan dan fakta sesudah pertandingan:

Opini dan Fakta Timnas Senior vs Qatar:

  1. OPINI: Pelatih 'Tim Garuda', Wim Rijsbergen, menargetkan timnya untuk meraih kemenangan. FAKTANYA: Kekalahan dengan skor besar justru harus dialami Boaz dan kawan-kawan.
  2. OPINI: Rijsbergen menyebut, timnya kalah jika menyangkut fisik pemain. FAKTA-nya: Timnas Qatar bermain dengan bola-bola bawah, umpan satu-dua, bukan bola-bola panjang (atas).
  3. OPINI: Ditambahkan Wim, keyakinan tersebut setelah bergabungnya beberapa pemain baru dalam tim, sehingga diharapkan dapat memberikan perbedaan pada pertandingan nanti. FAKTA-nya: Diantara Greg, Igbonefo, Fandi Muhtar, dan Mahyadi; hanya Mahyadi yang bermain (ketika menggantikan Supardi di menit 45) 
  4. OPINI: Ia pun mengaku sudah memperbaiki lini pertahanan yang, menurutnya, menjadi titik lemah selama ini. FAKTA-nya: Lini pertahanan masih keropos.
Opini dan Fakta Timnas U-23 vs Singapura:
  1. OPINI: Pada pertandingan nanti, timnas U-23 kemungkinan tidak diperkuat Stevie Bonsapia yang sedang menghadapi masalah dengan lambungnya. FAKTA-nya: Stevie memang tak bisa dimainkan.
  2. OPINI: "Saya mencoba beberapa formasi, dan berjalan dengan baik,” ungkap RD, sapaan Rahmad. FAKTA-nya: Permainan keras Singapura membuat skema kurang berjalan terlebih babak ke-2. 
  3. OPINI: Selain itu, RD juga sengaja menggelar latihan pada tengah hari untuk adaptasi pemain terhadap cuaca. “Saya juga menyiapkan pemain untuk menghadapi laga di bawah sengatan matahari. Tapi ternyata cuaca hari ini (kemarin) mendung. Saya berharap cuaca seperti ini juga terjadi saat pertandingan,” imbuh RD. FAKTA-nya: Pada hari pertandingan, cuaca sangat panas.
  4. OPINI: Menurut Rahmad, Singapura memiliki permainan berbeda dibandingkan dari yang ia lihat sebelumnya. “Dari apa yang saya lihat, ada perbedaan di permainan Singapura. Mereka memakai pola permainan 3-4-3. Karena itu, pemain harus efektif dan tidak lengah menghadapi serangan mereka.” FAKTA-nya: Pemain kesulitan mengantisipasi serangan balik lawan, beruntung Singapura tak memiliki pemain depan yang tajam.
TERUS BERJUANG PAHLAWAN SEPAKBOLA INDONESIA

Sumber referensi:
1. http://www.goal.com/id-ID/news/1387/nasional/2011/11/09/2749533/rahmad-darmawan-coba-sejumlah-formasi
2. http://www.bolaindo.com/?page=berita&sub=detail&id=22591
3. http://www.detiksport.com/sepakbola/read/2011/11/10/191000/1764949/76/indonesia-datang-ke-qatar-untuk-menang
4. http://www.detiksport.com/sepakbola/read/2011/11/11/233959/1765883/76/dilumat-qatar-indonesia-tersingkir
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
.
AAC Alumni Bahasa banjar Belajar Online blog blogger canda Cerita Televisi/Film Cerpen Cinta Indonesia Cinta Bahasa Ciri-ciri Teks Contoh Soal Contoh Soal UN coretan Denah Dongeng Drama Fakta dan Pendapat Fav Foto dan Video Guru Profesional Homonim dan Polisemi Iklan Imbuhan Indeks Istilah Jajak Pendapat kabar dan pesan Kalimat Majemuk kamus Karya Ilmiah karyamu Kelas IX Kelas VII Kelas VIII keterampilan lisan kisi-kisi Kisi-kisi Siap UN Kisi-kisi UAS Kisi-kisi UH Kisi-kisi UN Kisi-kisi UTS Kliping Wawasan KTI Kurikulum 2013 Kutipan Berita Pendidikan Kutipan Berita Ujian Nasional Laporan Latihan Mahasiswa Majas Materi Materi Kelas IX Materi Kelas VII Materi Kelas VIII Materi SMA Materi Soal UN membaca bahasa membaca sastra memo menulis bahasa menulis sastra Musikalisasi Puisi nilaimu Novel Pantun Paragraf Pendampingan K.13 Pergeseran Makna Pidato Posting Liburan Prediksi UN Program Program Tahunan Prosa Puisi Rekomendasi Resensi ringkasan Sambung Silaturahmi Sastra siap ujian siap ujian sma sinopsis Sinopsis Film Sinopsis Layar Kaca Siswa Terbaik SK/KD SK/KD SD SK/KD SMA/SMK/MA/MAK skl SMP Hasbunallah SMP Plus SMPN 2 Muara Uya SMPN 2 Tanta Soal Ejaan Soal IX Soal VII Soal VIII sunting ejaan Surat Syair Tajuk Tata Bahasa Teks Anekdot Teks Bacaan Teks Berita Teks Biografi Teks Cerita Fabel Teks Cerita Fantasi Teks Cerpen Teks Deskripsi Teks Diskusi Teks Eksemplum Teks Eksplanasi Teks Eksposisi Teks Jenjang SMA Teks LHO Teks Prosedur Teks Prosedur Kompleks Teks Tanggapan Kritis Teks Tantangan Teks Ulasan tips Tips & Trik Ujian Tokoh Wawancara