728x90 AdSpace

27 November 2011

Turut Berbelasungkawa atas Runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara (Kaltim)

Turut berduka cita atas musibah runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara Sabtu kemarin....

Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan gantung terpanjang di Indonesia, terletak di Kab. Kutai Kartanegara (Kaltim). Bentang bebasnya yang tergantung tanpa penyangga mencapai 270 meter, dari total panjang jembatan yang mencapai 720 meter. Jembatan ini dibangun menyerupai Jembatan Golden Gate yang terdapat di San Fransisco. Jembatan yang menghubungkan Samarinda dan Balikpapan, Kalimantan Timur ini, baru dibangun sekitar tahun 2002.

Pada pertengahan Februari 2011, jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam ini sudah mengalami pergeseran sekitar 15 cm ke arah dalam, sehingga saat itu masyarakat menghawatirkan akan ambruk. Namun saat itu dianggap bahwa pergeseran itu masih dalam batas toleransi sehingga tidak akan ambruk (Republika).
Jembatan Kutai sebelum ambruk

Jembatan yang juga disebut Jembatan Tenggarong itu akhirnya ambruk, Sabtu (26/11) sore, pukul 16.20 WITA. Bagian tengah jembatan runtuh tak terlihat lagi di permukaan air. Hanya tampak dua tiang pancang yang tertinggal. Diberitakan juga bahwa pada waktu kejadian, di badan jembatan megah tersebut sedang dilakukan perbaikan pada bagian tengah sebelah kiri jembatan. Saat kejadian, jembatan sedang ramai aktivitas lalu lalang kendaraan.

Dengan ambruknya jembatan ini, ada jalan alternatif yang bisa dilalui yaitu lewat jalan lama, tapi lebih jauh, karena harus memutar. Kepada Vivanews, kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum mengaku belum mendapatkan informasi mengenai runtuhnya jembatan yang dibangun sejak tahun 2000-an itu. ”Kami sedang mengumpulkan informasi tepatnya bagaimana kasus ini terjadi,” katanya.

Sumber berita: Dirangkum dari berbagai sumber

Berikut Foto-fotonya :


TAG FOTO KAMU

TAG FOTO KAMU

TAG FOTO KAMU

TAG FOTO KAMU

TAG FOTO KAMU

TAG FOTO KAMU

Sumber foto: Google
  • Facebook Comments
  • Blogger Comments
Item Reviewed: Turut Berbelasungkawa atas Runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara (Kaltim) Rating: 5 Reviewed By: Yadi Karnadi